Qatar: 4 Negara Arab Berencana Menyerang Kami

0
92

Doha,LiputanIslam.com-Menteri Pertahanan Qatar Khalid bin Atiyah mengabarkan, empat negara Arab yang memblokade Doha sempat berencana untuk melancarkan serangan militer ke negaranya.

“Sebelum blokade penuh Qatar yang dilakukan Saudi, Mesir, UEA, dan Bahrain, negara-negara ini menyusun rencana untuk menyerang Qatar. Rencananya, serangan ini akan dilakukan dalam dua tahap,”papar Bin Atiyah.

“Di tahap pertama, mereka akan memberikan tekanan terhadap rakyat Qatar dengan cara blokade. Setelah itu, negara-negara ini akan melancarkan serangan militer untuk menduduki Qatar. Para pejabat Barat telah berkali-kali mengkonfirmasi rencana penyerangan mereka ke Qatar,”imbuhnya.

Ketegangan dan keruhnya hubungan antara Doha dengan Riyadh, Kairo, Abu Dhabi, dan Manama telah bermula sejak 5 Juni 2017.

Meski sudah beberapa tahun berlalu dari krisis hubungan di Teluk Persia ini, negara-negara tersebut tidak mampu memaksa Qatar untuk menuruti permintaan-permintaan mereka.

Di lain pihak, Doha bahkan balik menantang mereka. Qatar berhasil meraih kesuksesan di bidang ekonomi, kendati diblokade oleh 4 negara Arab tersebut. Memudarnya citra internasional Saudi dan UEA memberi lebih banyak peluang kepada Qatar untuk memperkuat posisi strategisnya di kawasan Timur Tengah. (af/yjc)

Baca Juga:

Ini Kata Emir Qatar Kepada Kushner Soal Israel

Diperolok AS, Iran Rilis Citra Satelit Militernya pada Pangkalan Militer AS di Qatar

DISKUSI: