Diperolok AS, Iran Rilis Citra Satelit Militernya pada Pangkalan Militer AS di Qatar

0
268

Teheran, LiputanIslam.com – Pasukan Dirgantara Korps Garda Revolusi Islam (IRGC), Rabu (29/7/2020, merilis gambar-gambar Pangkalan Udara al-Udeid di Qatar, yang menampung belasan ribu tentara Amerika Serikat (AS), hasil pencitraan satelit militer “Nour-1” yang diorbitkan IRGC pada 22 April 2020.

Gambar-gambar yang diambil dengan metode mosaik itu dilaporkan beresolusi tinggi dan memperlihatkan pangkalan udara terbesar AS di Timur Tengah tersebut

Hasil pencitraan itu dirilis Iran setelah beberapa waktu lalu, tepatnya 26 April 2020,  Komandan Pasukan Antariksa AS Jenderal Jay Raymond memperolok Iran dengan klaim bahwa Nour-1 “adalah webcam yang jatuh di ruang angkasa; tidak mungkin menyediakan intel”.

IRGC meluncurkan satelit militer pertamanya itu dengan roket pembawa satelit Qassed dari Dasht-e Kavir, sebuah gurun pasir luas di Iran.

Satelit itu ditempatkan pada orbit setinggi 425 km di atas permukaan bumi pada hari peringatan HUT IRGC yang didirikan pada tanggal 22 April 1979.

Dalam sebuah pernyataannya Selasa lalu IRGC mengumumkan pihaknya telah memulai tahap akhir latihan perang bersandi ‘Nabi Besar ke-14’ di bagian selatan negara itu, dan menyebutkan bahwa satelit Nour-1 sedang digunakan untuk memantau latihan tempur pasukan gabungan IRGC tersebut. (mm/fna)

DISKUSI: