Putri Che Guevara Akui Ayahnya Cinta Palestina

0
199

Beirut,LiputanIslam.com-Dalam wawancara dengan stasiun televisi Lebanon, al-Mayadeen, Aleida Guevara memuji kaburnya 6 tahanan Palestina dari penjara Gilboa.

Putri revolusioner Amerika Latin, Ernesto “Che” Guevara, itu menilai, lolosnya mereka dari penjara superketat Israel itu adalah sebuah “aksi heroik luar biasa.”

Ia mengatakan, mudah saja mengisahkan cerita pelarian itu dalam beberapa patah kata. Namun pada praktiknya, itu tindakan kepahlawanan yang sangat hebat, sehingga sejarahnya perlu diapresiasi dan dipertahankan.

“Jika Anda pergi ke selatan Lebanon, di sana Anda akan menemukan sisa-sisa penjara Israel. Anda bisa melihat dengan mata kepala sendiri seperti apa penjara-penjara Israel. Terlebih sebuah penjara yang dilengkapi dengan sistem pengamanan super ketat,”kata Aleida.

Aleida menyatakan, ayahnya pernah menegaskan bahwa Palestina bukan hanya harus didukung dengan ucapan, tapi juga tindakan. Ia berkata, ayahnya menyuarakan perjuangan bahu membahu dengan rakyat Palestina.

Aleida bercerita bahwa ayahnya pernah mengunjungi Gaza di tahun 1959 silam. Dengan melihat surat-surat ayahnya untuk ibunya, kata Aleida, ia bisa menyimpulkan bahwa ayahnya mencintai Palestina.

Terkait Iran, Suriah, dan Lebanon, Aleida menyebut sebagai segelintir negara di Timur Tengah yang mempertahankan konsistensi mereka membela Palestina. Di lain pihak, kata Aleida, negara-negara lain hanya mencari jalan aman sehubungan dengan masalah Palestina. (af/fars)

Baca Juga:

Palestina dan Yordania Kecam Israel Izinkan Yahudi Beribadah di Halaman Masjid Al-Aqsa

Menlu Iran Sebut Israel Terkurung dalam Penjara Besar

DISKUSI: