Pusat Statistik Palestina: Israel Jarah 85 Persen Tanah Kami

0
167

Gaza,LiputanIslam.com-Pusat Statistik Palestina mengumumkan, saat ini Israel memanfaatkan 67 persen tanah jalur barat Palestina, yang sebenarnya merupakan hak warga lokal.

Kantor berita Anadolu melaporkan, Pusat Statistik Palestina bertepatan dengan peringatan ke-46 Hari Bumi telah memublikasikan statistik terbaru penjarahan dan eksploitasi tanah-tanah milik warga Palestina oleh Israel.

Tanggal 30 Maret di Palestina diperingati sebagai Hari Bumi. Penamaan ini merujuk kepada rangkaian peristiwa di tahun 1976 di Palestina. Di masa itu, Penjajah Zionis menyita sebagian besar tanah milik warga Palestina. Warga pun bereaksi dengan mengadakan demo. Dalam demo tersebut, sejumlah orang syahid dan lainnya terluka.

“Penjajah Zionis secara langsung telah memanfaatkan 76 persen dari keseluruhan wilayah C. Dewan-dewan Pemukiman (Zionis) juga mengontrol sekitar 63 persen dari tanah-tanah tersebut,”ungkap Pusat Statistik Palestina.

Perjanjian Oslo di tahun 1995 mengklasifikasi kawasan Tepi Barat kepada tiga wilayah: wilayah A berada di bawah kendali warga Palestina, wilayah B di bawah kontrol sektor keamanan, sipil, dan administratif Palestina, dan wilayah C dikendalikan oleh sektor sipil, administratif, dan keamanan Rezim Zionis. Wilayah C membentuk sekitar 60 persen luas Tepi Barat.

Pusat Statistik Palestina mengumumkan,”Penjajah Zionis sekarang menguasai dan memanfaatkan lebih dari 85 persen keseluruhan perbatasan Palestina (meliputi Tepi Barat, Gaza, dan Tanah Pendudukan).” (af/fars)

Baca Juga:

Kelompok Wartawan Palestina Bantah Pelaku Penembakan di Israel Anggota ISIS

Parah, Menlu UEA Sesali ‘Normalisasi yang Telat’ dengan Israel

DISKUSI: