Presiden Ukraina: Kami Ditinggal Sendirian!

0
407

Kiev,LiputanIslam.com-Presiden Ukraina Volodimir Zelenesky via cuitannya secara tersirat mengkritik negara-negara Barat. Dia menulis,”Mereka (Barat) telah meninggalkan kami sendirian dalam perang melawan Rusia.”

“Ukraina sendirian dalam melindungi dirinya. Barat hanya bicara soal dukungan (untuk Ukraina) dan mengklaim bahwa mereka tidak meninggalkan Ukraina,”keluhnya.

Dalam pidato di televisi, Zelenesky mengklaim bahwa kelompok-kelompok sabotase pro-Rusia melancarkan serangan-serangan di Kiev. Ia mengatakan,”Saya katakan bahwa berdasarkan informasi, saya adalah target no 1 Rusia, sedangkan keluarga saya adalah target nomor 2.”

Sputnik melaporkan, Presiden Ukraina dalam pidato itu juga memerintahkan mobilisasi umum di seluruh negara untuk menghadapi operasi militer Rusia di Donbass.

Berdasarkan instruksi yang berjangka waktu 90 hari itu, penduduk Ukraina harus menyerahkan gedung, alat transportasi, fasilitas, tanah, perangkat teknis, dan sarana-sarana yang dibutuhkan kepada Pemerintah dan Tentara.

Zelenesky juga mendesak negara-negara Barat untuk menjatuhkan sanksi yang lebih berat atas Rusia. Ia mengklaim, operasi militer Rusia telah menewaskan 137 orang dan melukai 306 lainnya.

Tentara Ukraina mengumumkan, 6 batalyon taktis Rusia telah memasuki wilayah negara itu. Menurut mereka, tujuan pasukan Rusia adalah mengepung Kiev dan membuat sebuah koridor darat di pesisir selatan menuju Ukraina.

Statemen Tentara Ukraina menyebut bahwa 30 tank, 5 pesawat, dan 6 helikopter Rusia telah dihancurkan di hari pertama pertempuran. (af/alalam)

Baca Juga:

Biden Nyatakan AS Tak akan Tempatkan Pasukannya di Ukraina

Suriah, Yaman dan Cechnya Dukung Pengakuan Putin atas Kemerdekaan Dua Wilayah di Ukraina Timur

DISKUSI: