Biden Nyatakan AS Tak akan Tempatkan Pasukannya di Ukraina

0
571

Washington,LiputanIslam.com-Presiden AS Joe Biden berkata bahwa dirinya memprediksi pasukan AS tidak akan memasuki Ukraina.

“Tidak ada pasukan AS yang akan memasuki Ukraina,” kata Biden kepada para wartawan, dilaporkan Axios.

“Keputusan untuk menempatkan pasukan dalam kondisi siaga bukan tindakan provokatif, namun bertujuan untuk memberi ketenangan kepada para sekutu AS,” imbuhnya.

“Kami tidak bermaksud untuk menempatkan pasukan AS atau NATO di Ukraina. Namun seperti yang sudah saya katakan, jika dia (Vladimir Putin) melakukan pergerakan, hal itu akan memicu konsekuensi-konsekuensi ekonomi berat,” kata Biden.

Di lain pihak, Sekjen NATO Jens Stoltenberg menyatakan bahwa pihaknya siap mengirim tawaran-tawaran tertulis kepada Rusia.

“Kami siap duduk dan membahas soal kontrol persenjataan, pelucutan senjata, transparansi dalam kegiatan militer, mekanisme pengurangan bahaya, dan hal-hal lain terkait keamanan Eropa. Juga untuk menyimak kekhawatiran-kekhawatiran Rusia,” kata Stoltenberg dalam wawancara dengan CNN.

“NATO tidak akan menempatkan pasukan militernya di Ukraina. Namun kami harus memastikan bahwa tidak ada kesalahpahaman soal kesiapan dan komitmen kami untuk membela semua sekutu, terutama di bagian timur aliansi,” kata Stoltenberg.

“Prevensi kuat adalah cara terbaik untuk mencegah segala bentuk serangan ke sekutu NATO, juga cara terbaik untuk mencegah konfrontasi,” ujarnya. (af/fars)

Baca Juga:

Riyabkov: Rusia Tak Takut kepada Siapa pun, Termasuk AS

Tanggapi Isyarat dari Iran, AS Nyatakan Siap Berunding Langsung

DISKUSI: