Pompeo: Soal Pencaplokan Tepi Barat Biar Israel yang Putuskan

0
334

Sekretaris Negara AS, Mike Pompeo (kiri) sedang berjabat tangan dengan Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu. Sumber foto: Times of Israel

Washington,LiputanIslam.com—Sekretaris Negara Amerika Serikat (AS), Mike Pompeo, mengomentari rencana pemerintah Israel untuk merebut sejumlah wilayah di Tepi Barat. Pompeo membiarkan pemerintah Israel untuk memutuskan kebijakan tersebut atau tidak. Namun yang pasti, pemerintah AS akan memberikan masukannya terkait hal ini.

“Terkait pencaplokan Tepi Barat, orang Israel akan memutuskan hal itu,” ucap Pompeo seperti dikutip Middle East Monitor pada Rabu (22/4) kemarin. “ Itu terserah Israel. Kami akan bekerja lebih dekat dengan mereka dan memberikan bagaimana pandangan kami terkait masalah ini.”

Pompeo mengaku senang dengan kesepakatan yang telah berlangsung antara Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dengan rival utamanya, Benny Gantz untuk membentuk pemerintahan darurat dan berbagi kekuasaan. Baginya, Israel tidak harus menggelar pemilu untuk keempat kalinya.

Baca juga:

Israel Tutup Paksa Klinik Tes Virus Corona Milik Palestina

Abbas: Tak Ada Kesepakatan dengan Israel Selama Semua Tahanan Palestina Belum Dibebaskan

Pemerintah Israel dilaporkan telah menyusun rencana untuk memperluas permukiman ilegal Yahudi di wilayah kependudukan Tepi Barat.

Bagi orang-orang Palestina dan banyak negara lainnya, langkah pemerintah Israel ini adalah tindakan ilegal berdasarkan kesepakatan Jenewa yang melarang pembangunan permukiman di wilayah kependudukan. Namun Israel menolak hal ini dengan berdasar kepada sejarah dan ajaran kitab suci Yahudi. (fd/Memo)

DISKUSI: