Pompeo: Kami akan Lakukan Segalanya untuk Menggulingkan Maduro

0
360

Washington,LiputanIslam.com-Menlu AS, Mike Pompeo, mengutarakan harapannya agar muatan BBM dari Iran tidak sampai ke Venezuela, juga agar pemerintahan Nicolas Maduro segera jatuh.

Dalam wawancara dengan Institut American Enterprise, Pompeo menyatakan akan menggulingkan Maduro dengan segala cara, termasuk membentuk aliansi 60 negara.

“Bukan hanya Maduro yang harus disingkirkan. Rezim Kuba pun harus menyingkir,”ujarnya.

Pompeo berkelit untuk menjawab pertanyaan soal gagalnya operasi militer sebuah tim elite AS untuk menyusup ke Venezuela baru-baru ini. Dia berkata,”Baik saya atau Presiden Trump tidak bicara soal waktu penggulingan Maduro. Tapi saya tahu bahwa kami bertekad melakukan segalanya untuk itu.”

Sekitar satu bulan lalu, Mendagri Venezuela mengabarkan penggagalan sebuah aksi teror di negara tersebut. Para teroris itu dikabarkan tewas dan terluka saat berusaha menyusup melalui jalur laut.

Hingga kini, Tentara Venezuela telah menahan 40 orang terkait upaya kudeta itu. Dua di antara mereka adalah warga negara AS.

Beberapa waktu lalu, Washington Post juga membocorkan beberapa dokumen, yang menyebut bahwa Oposisi Venezuela yang dipimpin Juan Guaido menjalin kesepakatan dengan Silvercorp asal AS. Kesepakatan senilai 213 juta dolar itu bertujuan untuk menggulingkan Maduro.

Yang terbaru, AS gagal mencegah pengiriman BBM Iran ke Venezuela. Meski AS sesumbar akan menghalangi kapal-kapal tanker Iran, kenyataannya lima tanker Iran berhasil tiba di negara Latin tersebut dengan selamat. (af/alalam)

Baca Juga:

“Iran Kirim Bensin ke Venezuela, Wibawa Palsu AS Hancur”

Oposisi Venezuela Jalin Kesepakatan dengan Korporasi AS untuk Gulingkan Maduro

DISKUSI: