Pompeo Janjikan ‘Masa Depan Cerah’ Jika Korut Memusnahkan Senjata Nuklirnya

0
154

Pyongyang,LiputanIslam.com-Meski AS memberlakukan sanksi-sanksi berat atas Korut, namun Menlu AS mengiming-imingi Pyongyang dengan “masa depan cerah” jika senjata nuklirnya dimusnahkan.

Dilansir kantor berita Yunhap, Mike Pompeo menyatakan bahwa pemusnahan senjata nuklir Korut bisa mendatangkan banyak keuntungan bagi Pyongyang.

Menurut Pompeo, Donald Trump telah menekankan tujuan ini (pemusnahan senjata nuklir Korut) sejak ia menjabat sebagai presiden, dan hingga kini masih berupaya mewujudkannya.

Di lain sisi, setelah beredarnya berbagai spekulasi terkait kesehatan Kim Jong-un, akhirnya Pemimpin Korut ini muncul di hadapan publik, Jumat (1/5) dan meresmikan sebuah pabrik pupuk kimia di utara Pyongyang.

Terkait masalah kemunculan Jong-un, Pompeo mengaku,”Saya tidak punya informasi tertentu yang bisa saya sampaikan. Namun sebelum ini sudah ada banyak kejadian serupa di Korut.”

Pada hari Sabtu (2/5) terjadi kontak senjata di perbatasan Korut dan Korsel. Namun Menlu AS menyatakan bahwa peristiwa itu terjadi secara kebetulan dan tidak menimbulkan korban jiwa.

Seoul dan Pyongyang pada tahun 2018 lalu menandatangani kesepakatan untuk saling memercayai dan mengurangi ketegangan di perbatasan. Dalam pandangan Korsel, insiden Sabtu kemarin adalah pelanggaran kesepakatan tersebut. (af/alalam)

Baca Juga:

Pasukan Relawan Irak Pastikan AS Berada di Balik Serangan Besar ISIS

Corona Hantui Penjara-penjara Sesak di AS

 

DISKUSI: