Corona Hantui Penjara-penjara Sesak di AS

0
146

Washington,LiputanIslam.com-Kantor berita AFP melaporkan, gelombang kasus positif Corona mengancam para tahanan dan staf di penjara-penjara AS. Hal ini terjadi lantaran kelangkaan awak medis dan perangkat pelindung diri.

Sebuah penjara di kota Marion, Ohio, telah menjadi pusat Corona paling tercemar di seluruh AS. Hasil tes menunjukkan bahwa lebih dari 80 persen tahanan terinfeksi virus tersebut.

Statistik kematian akibat Corona di penjara-penjara AS juga terus meningkat. Para petinggi di penjara-penjara tersebut juga tak bisa berbuat apa-apa, dikarenakan sesaknya sel-sel serta kelangkaan petugas medis dan APD.

Menurut AFP, bahaya Corona bagi 2,3 juta tahanan di AS kian mengemuka, setelah pada pekan lalu seorang tahanan wanita berusia 30 tahun dari South Dakota meninggal di penjara.

Wanita itu dalam keadaan hamil saat ia dipenjarakan atas kasus narkoba pada Maret lalu. Tak berapa lama, ia terpapar Corona di dalam penjara hingga membutuhkan ventilator. Setelah melahirkan, ia masih harus dirawat dengan alat tersebut hingga ia meninggal beberapa pekan kemudian.

Hingga kini telah ada sejumlah unjuk rasa di Washington dan Kansas sebagai protes atas kelangkaan APD di penjara-penjara dan kelambanan reaksi para pejabat.

Statistik kasus positif Corona di tengah para staf penjara juga terbilang tinggi. Hal ini menyebabkan mereka kesulitan untuk mengendalikan krisis. (af/alalam)

Baca Juga:

Korban Jiwa Corona di AS Lampaui Kerugian Jiwa AS di Perang Vietnam

Mandiri dan Siap Ekspor Peralatan Anti-Corona, Iran Gusarkan Musuh

DISKUSI: