Balas Tindakan Washington, Presiden Chechnya Jatuhkan Sanksi atas Pompeo

0
45

Grozny,LiputanIslam.com-Presiden Chechnya Ramzan Kadyrov mengumumkan, pihaknya telah mencantumkan Menlu AS Mike Pompeo dalam daftar sanksi.

Kadyrov pada hari Jumat (24/7) menyatakan, langkah ini diambil sebagai balasan atas tindakan Washington yang menjatuhkan sanksi atas dirinya.

“Tindakan ini untuk menanggapi sanksi atas Presiden Chechnya dan keluarganya, serta dicantumkannya nama mereka dalam daftar hitam AS,”kata Kadyrov.

Dia lalu menyatakan pernah meminta Pompeo untuk melawat ke negaranya. Kadyrov berkata,”Saya tak akan pernah menginjakkan kaki di AS, bahkan walau mereka memohon. Kami harus bangga karena dicantumkan dalam daftar sanksi AS.”

Menlu AS pada awal pekan ini mengklaim, Presiden Chechnya telah melakukan pelanggaran HAM di negara tersebut. Atas alasan ini, kata Pompeo, Kadyrov beserta istri dan dua putrinya dimasukkan dalam daftar sanksi AS.

Kadyrov merespons sanksi ini dengan mengunggah foto dirinya sedang memegang senjata di akun Telegram-nya. Ditujukan kepada Pompeo, dia menulis,”Ayo kita berperang!”

Presiden Chechnya dalam pesan yang diunggah di salah satu medsos lain juga menyinggung sanksi yang dijatuhkan AS atas istri dan dua putrinya. Ia menulis,”Andai kata saya seratus kali melanggar HAM, bagaimana kalian menjustifikasi sanksi atas istri dan putri-putri saya? Apa kejahatan yang mereka lakukan dan hak siapa yang mereka injak? Kalian tak punya jawaban untuk pertanyaan ini.” (af/alalam)

Baca Juga:

Soal “Pelecehan” Pesawat Penumpang, Iran Ingatkan Bisa Membalas AS

AS Klaim Jetnya “Bertindak Profesional dan Berada di Jarak Aman” dari Pesawat Iran

DISKUSI: