Washington Akui Sudah Putus Asa terhadap Negara-negara Eropa

0
107

Washington,LiputanIslam.com-Wakil AS untuk Urusan Iran, Elliot Abrams, menyatakan bahwa negaranya sudah tidak lagi berharap kepada Eropa terkait masalah Iran.

Dalam wawancara dengan stasiun televisi al-Arabiya, Abrams berkata,”Kami berharap agar Eropa bekerjasama dengan Washington untuk memberlakukan sanksi atas Iran.”

“Kami yakin bahwa pemulihan sanksi-sanksi (atas Iran) akan diberlakukan. Kami serius dalam hal ini,”ujarnya.

“Orang-orang Iran memiliki harapan palsu bahwa Donald Trump tidak akan terpilih kembali. Washington siap terhadap segala bentuk ancaman dari Iran,”lanjut Abrams.

Ia menambahkan,”Kami akan mempertahankan kadar tekanan maksimal sampai Iran mengubah perilakunya. Jika Iran ingin agar sanksi-sanksi dicabut, ia harus ‘bertindak seperti negara normal.’”

Pada 27 Agustus Pompeo mengklaim bahwa sanksi internasional atas Iran akan kembali aktif pada pertengahan malam 20 September waktu Greenwich, menyusul surat pemberitahuan AS ke Dewan Keamanan pada 21 Agustus.

Sebagian besar anggota Dewan Keamanan mempertanyakan klaim Washington terkait legalitas surat pemberitahuan ini untuk memulai proses kembalinya sanksi atas Iran.

Sebagai contoh, China dalam sidang Dewan Keamanan menegaskan, surat pemberitahuan AS tidak bisa ditafsirkan sebagai dimulainya pemulihan sanksi atas Teheran.

Baca Juga:

Sekjen PBB Tidak akan Bertindak Soal Desakan AS untuk Penerapan Sanksi lagi Terhadap Iran

Aksi Nekat Pemerintahan Trump terhadap Iran Menjelang Pilpres AS

DISKUSI: