Politisi Irak Sebut Negaranya Aman Berkat Jasa al-Hashd al-Shaabi

0
137

Baghdad,LiputanIslam.com-Seorang politisi senior Irak menanggapi insiden serangan ke markas al-Hashd al-Shaabi baru-baru ini.

Dalam wawancara dengan stasiun televisi al-Ahed, Muhammad Taufiq Allawi mengatakan,”Al-Hashd al-Shaabi telah meraih pencapaian besar dan penting…Kita berhutang budi terhadap mereka.”

Dia menyatakan, Irak bisa hidup dengan aman berkat jasa al-Hashd al-Shaabi. “Ada sebuah konspirasi untuk menimbulkan pertikaian di tengah bangsa Irak,”ungkapnya.

Allawi menilai, Hadi al-Amiri (Ketua Aliansi al-Fath) telah melakukan langkah positif untuk meredam kekacauan yang mungkin terjadi.

Pada Jumat (26/6) lalu, Pasukan Pembasmi Terorisme Irak menyerbu markas Brigade Hizbullah Irak (yang merupakan bagian dari al-Hashd al-Shaabi) dengan 40 kendaraan lapis baja. Sejumlah anggota Hizbullah Irak ditangkap dalam serbuan tersebut.

Tindakan itu memicu kecaman dan respons keras dari berbagai kelompok dan partai politik Irak. Sayyid Sadrudin Qapanchi (Imam Salat Jumat Najaf) menyebut penangkapan anggota al-Hashd al-Shaabi sebagai kejadian membahayakan dan tak bisa diterima.

“Al-Hasdh al-Shaabi mungkin bisa bersabar. Namun mereka tak akan menjual tanah air dan darah mereka,”kata Qapanchi.

Ia menegaskan, Pasukan Pembasmi Terorisme Irak adalah memerangi ISIS dan sel-sel senyap teroris, bukan mengusik anggota al-Hashd al-Shaabi.

Hasan Salim, anggota Fraksi Shadiqun di Parlemen Irak mengatakan,”Al-Hashd al-Shaabi adalah benteng kukuh negeri ini. Orang-orang yang mengusiknya akan bernasib sama seperti ISIS, baik itu agresor AS atau para antek mereka.” (af/fars)

Baca Juga:

AS Bantah Pasukannya Terlibat Penangkapan Para Pemimpin Hizbullah Irak

Tegang, Pasukan Irak Bersama Pasukan AS Tangkap Tiga Tokoh Kataeb Hizbullah

DISKUSI: