PM Lebanon: Hizbullah Berhak Beraktivitas seperti Partai-partai Politik Lain

0
478

 

Beirut,LiputanIslam.com-Dalam sebuah konferensi pers di istana, PM Lebanon menyatakan bahwa negaranya berhadapan dengan berbagai problem dan ancaman serius.

Menurut Najib Miqati, tidak ada jalan lain kecuali “berdiri tegak dan mengatasi problem-problem itu dengan saling membantu.”

Situs berita el-Nashra melaporkan, Miqati berkata bahwa andai pengunduran dirinya berguna bagi Lebanon, niscaya ia sudah melakukannya. Namun, katanya, tindakan ini dalam situasi sekarang justru akan memperumit masalah.

Ia menjelaskan, sejak 12 Oktober hingga kini, Pemerintah belum mengadakan rapat para menteri, sehingga hal ini berpengaruh besar pada kinerja Pemerintah. Di sisi lain, ia juga tidak bisa melemparkan tanggung jawab kondisi ini ke pundak orang lain. Miqati berkata bahwa ia tetap melakukan pembicaraan guna memulai rapat-rapat Kabinet.

Menanggapi tekanan-tekanan asing, PM Lebanon menjelaskan bahwa Lebanon tidak berada di bawah kuasa negara-negara luar. Miqati menegaskan, Hizbullah punya hak melakukan aktivitas sama seperti partai-partai lainnya.

Ia memberitahu bahwa dirinya telah meneken rencana penyelenggaraan pemilu legislatif pada bulan Mei 2022. Proposal ini telah diserahkannya kepada Presiden Lebanon dan ia akan berusaha agar pemilu dilangsungkan tepat waktu.

Terkait masalah ledakan pelabuhan Beirut, Miqati mengaku ada hambatan dalam proses penyelidikan. Meski begitu, solusinya bukan menonaktifkan Pemerintah. Pemerintah juga sudah kerap meminta agar masalah politik jangan dicampur adukkan dengan masalah hukum. (af/alalam)

Baca Juga:

Hizbullah Sebut Tuduhan Saudi dan Sekutunya “Murahan Tak Layak Ditanggapi”

Hizbullah: Saudi Jangan Diktekan Agenda Politik AS atas Lebanon

Normal
0

false
false
false

EN-US
X-NONE
AR-SA

/* Style Definitions */
table.MsoNormalTable
{mso-style-name:”Table Normal”;
mso-tstyle-rowband-size:0;
mso-tstyle-colband-size:0;
mso-style-noshow:yes;
mso-style-priority:99;
mso-style-parent:””;
mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt;
mso-para-margin-top:0in;
mso-para-margin-right:0in;
mso-para-margin-bottom:8.0pt;
mso-para-margin-left:0in;
line-height:107%;
mso-pagination:widow-orphan;
font-size:14.0pt;
font-family:Schoolbell;}

DISKUSI: