Petinggi UEA Lawat ke Iran, Atwan: Provokasi Israel Tak Lagi Dihiraukan

0
355

Teheran,LiputanIslam.com-Redaktur Rai al-Youm dalam artikelnya menganalisis kunjungan Penasihat Keamanan Nasional UEA, Tahnoon bin Zayed ke Teheran, pada Senin (6/12) kemarin. Abdel Bari Atwan menulis,”Di saat mayoritas negara Arab berjibaku dengan konflik internal dan eksternal, juga tidak ada banyak kabar soal kunjungan diplomatik, Teluk Persia menyaksikan pergerakan-pergerakan diplomatik langka. Pemulihan hubungan dengan Iran adalah poros utama dari pergerakan-pergerakan ini.”

Menurutnya, kunjungan Tahnoon ke Iran, juga lawatan Muhammad bin Salman ke sejumlah negara Arab di Teluk Persia, sangat penting dari sudut pandang strategis. Atwan menilai bahwa kunjungan-kunjungan ini bisa mengubah wajah Timteng di masa depan.

Ia menyatakan, negara-negara Arab Teluk menyaksikan kegagalan mereka dalam menyudutkan Iran dan Suriah. Mereka pun memilih memulihkan hubungan dengan Iran, sebagaimana dikatakan oleh pepatah Inggris, “Jika kau tak bisa menundukkan musuhmu, bergabunglah dengannya”.

Menurut Atwan, tren ini membuat khawatir Tel Aviv, yang selalu menyerukan perang terhadap Iran, namun sekarang provokasinya tidak lagi dipedulikan negara-negara Teluk.

“UEA telah memberlakukan kebijakan baru yang disebut ‘menihilkan problem.’ Ini adalah kebijakan serupa yang diambil Erdogan di awal kekuasaannya di Turki, meski dalam kelanjutannya ia menjalankan kebijakan sebaliknya, sehingga menyebabkan popularitas dan kesuksesan politik-ekonominya menurun. Seperti inilah kita bisa menafsikan kunjungan Tahnun ke Ankara, Doha, dan Teheran, juga berhentinya serangan pasukan siber UEA,” tandas Atwan. (af/fars)

Baca Juga:

Ditemui Petinggi UEA, Presiden Iran Serukan Kebersamaan Menghadapi Plot Musuh

Jika Perundingan Wina Gagal, Iran Pilih Perkuat Hubungan dengan Negara-negara Asia

DISKUSI: