Ini Reaksi Pentagon terhadap Kesepakatan Militer Iran-Suriah

0
192

Damaskus,LiputanIslam.com-Menurut Newsweek, Pentagon menyatakan tak ada perubahan dalam misinya di Suriah untuk “membasmi ISIS,” meski Damaskus dan Teheran telah menjalin kesepakatan baru.

“Misi Pasukan AS di Suriah tidak akan berubah sejak dimulai pada 2014 lalu. Tujuan misi kami adalah mengalahkan ISIS untuk selamanya,” kata Jessica McNulty (Jubir Pentagon) kepada Newsweek.

“Militer AS bekerjasama dengan pasukan-pasukan lokal dukungan Washington di timur laut Suriah dan sekitar al-Tanf,”imbuhnya.

Newsweek menilai, statemen Pentagon ini menunjukkan bahwa AS tidak menghendaki konfrontasi langsung dengan Iran.

Menhan Suriah Ali Ayoub dan Kepala Staf Umum Angkatan Bersenjata Iran Mohammad Baqeri pada hari Rabu (8/7) lalu menandatangani kesepakatan untuk memperluas kerjasama militer.

Ayoub mengatakan,”Jika Pemerintah AS bisa menundukkan Iran, Suriah, dan Poros Perlawanan, mereka tak akan menundanya sedikit pun.”

“Meski harga untuk melakukan perlawanan itu mahal, namun itu lebih sedikit dari harga yang mesti dibayar jika kita menyerah,”tandasnya.

“Israel adalah sekutu dekat (AS) dalam perang terhadap Suriah. Kelompok-kelompok teroris juga merupakan bagian dari agresi Israel,”kata Ayoub.

Ia menegaskan, Tentara Suriah telah bertahan sejak 2011 dan melindungi kehormatan negara. Ayoub yakin bahwa Suriah pasti akan menang.

Di pihak lain, Baqeri menyatakan bahwa Iran akan memperkuat sistem pertahanan udara Suriah.

DISKUSI: