Pesan di Balik Tembakan Rudal dari Selatan Lebanon

0
225

Beirut,LiputanIslam.com-Sejumlah media, terutama dari Israel, menggulirkan kemungkinan bahwa Hamas adalah pelaku penembakan rudal dari selatan Lebanon ke arah Tanah Pendudukan. Pada hari Senin lalu, 2 rudal telah diluncurkan ke kawasan dekat sebuah permukiman Zionis di utara Palestina Pendudukan.

Meski demikian, Rai al-Youm menyatakan bahwa serangan rudal itu tidak dilakukan oleh Hamas. Harian ini juga membahas pesan-pesan di balik serangan rudal tersebut.

“Kita tahu bahwa 2 rudal yang ditembakkan pada hari Senin dari kawasan Sur di selatan Lebanon jatuh di kawasan kosong di utara Palestina Pendudukan, tanpa menimbulkan kerugian materi dan jiwa. Namun ditembakkannya rudal itu dari selatan Lebanon dan kegagalan Iron Dome mencegatnya, mengandung dua pesan.”

“Pertama, pesan bahwa sistem pertahanan darat dan udara Israel sudah tertinggal untuk bisa melacak rudal-rudal modern versi Lebanon ini. Kedua, pengaruh penembakan rudal ini atas kejiwaan pihak Israel yang membuat mereka kian kebingungan, sebab membuat mereka ingat bahwa front Lebanon masih ‘panas’ dan merupakan sumber penting untuk banyak kejutan-kejutan di masa depan.”

Menurut Rai al-Youm, rumor bahwa Hamas adalah pelaku serangan bertujuan untuk mengadu domba sejumlah pihak di Lebanon. Pertama adalah mengadu domba Hamas dengan Hizbullah, dan di tahap kedua, membenturkan Hamas dan Hizbullah dengan faksi-faksi pro-Washington di Lebanon, yang berambisi melucuti senjata Poros Resistansi di negara tersebut. (af/alalam)

Baca Juga:

Tembakan Roket dari Lebanon ke Israel Diduga Dilakukan oleh Hamas

Empat Tentara Suriah Gugur Terkena Serangan Israel

DISKUSI: