Tembakan Roket dari Lebanon ke Israel Diduga Dilakukan oleh Hamas

0
161

Quds, LiputanIslam.com  Dugaan yang berkembang di Israel terkait dengan tembakan roket dari wilayah Lebanon ke wilayah Israel (Palestina pendudukan 1948) mengarah pada kelompok pejuang Gerakan Perlawanan Islam Palestina, Hamas.

Badan penyiaran resmi Israel Kan menyatakan bahwa Hamas diduga kuat bertanggung jawab atas peluncuran roket  ke wilayah utara Israel tersebut.

Kan menjelaskan bahwa perkiraan ini didasarkan pada fakta bahwa Hamas telah aktif dalam beberapa tahun terakhir untuk “membangun kemampuannya meluncurkan rudal di Lebanon selatan.”

Kan menyebutkan; “Jaringan ini mencakup para pegiat berkemampuan rudal, dan mereka tidak menunggu persetujuan dari Hizbullah mengenai aktivitas mereka, berbeda dengan organisasi Palestina lainnya yang beroperasi di Lebanon. Mereka bekerja di bawah arahan sayap militer Hamas Lebanon dan tidak sendirian. Israel pernah berusaha membasmi jaringan ini di masa lalu.”

Kan mengutip pernyataan Menteri Pertahanan Israel Benny Gantz dalam pembicaraan tertutup bahwa Hamas beroperasi dengan kebijakan “tidak di halaman belakang,” dan bahwa Hamas “bekerja untuk mendorong eskalasi di Yerusalem (Quds), Tepi Barat dan daerah lain, tapi bukan di Gaza.”

Mengenai hal yang sama, dilaporkan bahwa tentara Israel Divisi Galilea memutuskan untuk “menerapkan jam malam terbatas bagi para pemegang posisi di sejumlah unit”.

Seperti pernah diberitakan, militer Israel menyatakan bahwa sebuah roket telah ditembakkan dari wilayah Libanon dan jatuh di sebuah area terbuka di wilayah Israel (Palestina pendudukan 1948) pada hari Senin lalu, dan Israel menanggapinya dengan menembakkan artileri ke area roket itu diluncurkan.

Eskalasi langka di perbatasan Israel-Lebanon ini terjadi di tengah gelombang bentrokan dalam dua minggu terakhir antara warga Palestina dan pasukan Zionis Israel di komplek Masjid Al-Aqsa di Quds (Yerusalem), yang memicu kemarahan Arab dan kekhawatiran internasional. (mm/raialyoum)

Baca juga:

Israel Mengaku Membalas Serangan Roket dari Wilayah Lebanon

Terlalu Banyak Musuh, Israel Dinilai Tak Siap Bendung Ancaman

DISKUSI: