Pejabat Rusia Sindir Pedas Cuitan Bolton Soal Teror atas Jenderal Soleimani

0
126

Moskow,LiputanIslam.com-Mikhail Ulyanov, wakil Rusia di organisasi internasional yang bermarkas di Wina, menanggapi cuitan John Bolton (mantan Penasihat Keamanan Nasional AS) terkait pembunuhan atas Jenderal Qassem Soleimani.

Beberapa saat setelah Agnes Callamard (Reporter Khusus PBB) menyebut teror atas Soleimani sebagai tindakan ilegal, Bolton dalam akun Twitter-nya mencuit,”Kritik baru PBB bahwa serangan atas Soleimani adalah ilegal, tidak berdasar sama sekali. Inilah yang membuat kami keluar dari Dewan HAM PBB. Kami tidak akan bertanggung jawab di depan rujukan yang lebih tinggi di PBB. Kami juga tidak butuh nasihat orang lain terkait pelaksanaan UUD AS.”

Ditujukan kepada Bolton, Ulyanov mencuit,”Apakah pembunuhan seorang pejabat negara asing di wilayah negara ketiga adalah bagian dari pelaksanaan UUD AS?”

Menurut Reuters, Callamard dalam laporannya menyanggah klaim para pejabat AS tentang alasan mereka membunuh Soleimani. Ia menyatakan, Washington tidak bisa mengajukan bukti-bukti memadai terkait “kemungkinan serangan yang akan atau sedang terjadi terhadap kepentingan-kepentingan AS.” Sebelum ini, Washington berupaya menjustifikasi serangan udara terhadap Soleimani dengan dalih ini.

“Dengan alasan tidak adanya ancaman nyata, tindakan yang dilakukan AS (meneror Soleimani) adalah perbuatan ilegal,”tandasnya. (af/fars)

Baca Juga:

PBB Kecam Pembunuhan Jenderal Soleimani oleh AS

Iran Masukkan Trump dalam DPO Kasus Pembunuhan Jenderal Soleimani

DISKUSI: