Pejabat PBB: Teror Soleimani Melanggar Hukum Internasional

0
146

NewYork,LiputanIslam.com-Kecaman internasional terhadap pembunuhan Qassem Soleimani terus berlanjut. Yang terbaru, seorang pejabat PBB menyebut tindakan Washington tersebut sebagai pelanggaran terhadap norma-norma internasional.

“Teror terhadap Jenderal Soleimani telah meletakkan fondasi untuk sebuah tindakan keliru, yang bisa berujung pada sebuah bencana,”kata Agnes Callamard, Selasa (18/2), seperti diberitakan oleh BBC.

“Dalam piagam PBB disebutkan, kita harus mengerahkan upaya untuk mencegah terjadinya konflik militer. Penggunaan kekuatan militer harus dibatasi hanya dalam hal-hal tertentu saja,”lanjut Callamard.

“Pembunuhan terencana Qassem Soleimani telah menginjak-injak barometer terkait hukum ekstrateritorial dalam menggunakan kekuatan militer oleh sebuah pemerintahan. Dalam kejadian ini, seorang pejabat pemerintahan menjadi target. Padahal sebelum ini, sebagian besar target adalah “pemain nonpemerintah” atau hanya ‘pemain nonpemerintah,”pungkasnya.

Beberapa hari lalu, menteri luar negeri Rusia menyatakan, masalah-masalah di Asia Barat (Timur Tengah) hanya bisa diselesaikan melalui dialog. Dia menegaskan, teror terhadap komandan Pasukan Quds IRGC adalah “pelanggaran memalukan terhadap hukum internasional.” (af/alalam/fars)

Baca Juga:

Senat AS Sahkan Pembatasan Wewenang Perang Trump atas Iran

Maskapai Asing di Irak Mungkin Terlibat Teror Qassem Soleimani

DISKUSI: