Maskapai Asing di Irak Mungkin Terlibat Teror Qassem Soleimani

0
152

Baghdad,LiputanIslam.com-Seorang anggota dari aliansi al-Fath di Irak menyatakan, hasil investigasi teror terhadap Qassem Soleimani dan Abu Mahdi al-Muhandis akan diumumkan sebelum pembentukan kabinet baru Irak.

“Ada kemungkinan maskapai-maskapai asing di bandara Baghdad memberikan bocoran informasi soal pergerakan al-Muhandis dan Soleimani kepada pasukan AS,”kata Muhammad Karim kepada kantor berita al-Maalomah.

Menurut Karim, maskapai-maskapai asing mengetahui jalur yang dilintasi para tokoh yang memasuki Irak. Dia mengabarkan, aparat intelijen Irak tengah menghimpun informasi yang diperlukan terkait insiden ini, sebab itu berkaitan dengan kedaulatan Irak.

“Kemungkinan hasil investigasi ini akan berujung pada pemecatan sejumlah maskapai asing di bandara Baghdad , sebagian pegawai asing, atau pejabat keamanan,”lanjut Karim.

Ia juga menegaskan bahwa berdasarkan informasi awal, pelacakan atas pergerakan Soleimani sebelum memasuki Baghdad, dilakukan dari luar, bukan dari dalam Irak.

Abdul Karim Khalaf (juru bicara angkatan bersenjata Irak) mengabarkan, ada “banyak fakta” yang tersingkap terkait pembunuhan Soleimani dan al-Muhandis. Ia mengatakan, masalah-masalah teknis terkait penyelidikan ini telah dirampungkan. (af/alalam/fars)

Baca Juga:

Suriah Sebut Klaim Presiden Turki Omong Kosong

Iran Luncurkan Rudal Balistik Baru “Ra’d -500”

DISKUSI: