Senat AS Sahkan Pembatasan Wewenang Perang Trump atas Iran

0
67

Washington,LiputanIslam.com-Majelis Senat AS pada hari Kamis (13/2) mengesahkan resolusi yang menuntut agar wewenang militer Donald Trump atas Iran dikurangi.

Berdasarkan resolusi tersebut, tindakan militer atas Iran hanya bisa dilakukan dengan izin Kongres AS. Resolusi itu disahkan Senat dengan selisih suara cukup tipis (55 mendukung dan 45 menolak).

Sebelum ini, Trump mengklaim, pengesahan resolusi itu sama saja dengan menunjukkan kelemahan AS di hadapan Iran. Dia meminta agar para senator tidak mengesahkannya.

“Demi keamanan negara, penting agar Senat menentang resolusi ‘Wewenang Perang atas Iran.’ Kita sedang melakukan aksi bagus terkait masalah Iran. Kini bukan saatnya untuk menunjukkan kelemahan,”cuit Trump di akun Twitter-nya, Rabu (12/2).

Trump bahkan mengklaim, mayoritas rakyat AS mendukung pembunuhan Qassem Soleimani (komandan pasukan Qods IRGC).

“Jika tangan saya terikat, Iran akan memiliki kondisi bagus. (Resolusi ini) mengirimkan sinyal yang sangat buruk. Orang-orang Demokrat hanya bertujuan melemahkan Republik. Jangan biarkan hal ini terjadi,”lanjutnya.

Cabang lain dari Kongres AS, yaitu Majelis Perwakilan AS, pada hari Kamis pekan lalu juga mengesahkan resolusi yang senada dengan Senat.

Resolusi pertama menuntut dicegahnya pembiayaan untuk melancarkan perang terhadap Iran. Resolusi ini disahkan dengan 228 suara mendukung dan 175 suara menolak.

Resolusi lain adalah tuntutan untuk mengurangi wewenang perang Trump terhadap Iran. Resolusi yang diusung Barbara Lee (wakil Demokrat dari California) ini menghendaki dihapusnya aturan tahun 2002. Aturan ini digunakan Trump sebagai dalih untuk meneror Soleimani.

Resolusi pun disahkan usai memperoleh 236 suara mendukung di hadapan 166 suara menolak. (af/alalam/fars)

Baca Juga:

Video: Konvoi Militer AS Diserang Warga Suriah, Tentara Rusia Terlibat?

Wasekjen Hizbullah: Siapa Pun yang Bersama Iran dan Muqawamah akan Menang

DISKUSI:
SHARE THIS: