Pasukan AS Diusir, Trump Ancam akan Jatuhkan Sanksi Berat atas Irak

0
116

Washington,LiputanIslam.com-Dalam perjalanan pulang dari Florida menuju Washington, Donald Trump mengancam akan menjatuhkan sanksi-sanksi berat atas Baghdad. Ancaman ini dilontarkannya usai parlemen Irak mengesahkan draf pengusiran tentara AS dari wilayahnya.

Presiden AS mengatakan, ia akan menarik pasukan AS dari Irak. Namun, kata Trump, Baghdad harus terlebih dahulu membayar biaya pangkalan-pangkalan udara AS.

Parlemen Irak pada hari Minggu (5/1) mengesahkan draf untuk mengakhiri keberadaan pasukan asing di tanah mereka. Tindakan ini diambil menyusul serangan udara AS yang menewaskan Qassem Soleimani dan Abu Mahdi al-Muhandis, Jumat (3/1).

Sebelum ini, Morgan Ortagus (juru bicara kemenlu AS) dalam statemennya menyatakan,”Washington menunggu penjelasan lebih rinci terkait substansi resolusi parlemen Irak. Kami juga sungguh-sungguh berharap agar pemimpin Irak mengkaji pentingnya hubungan ekonomi dan keamanan dua negara, juga pentingnya kehadiran koalisi (AS) untuk memerangi ISIS.”

Menurut laporan situs Axios, yang dikutip dari dua pejabat AS dan seorang petinggi Irak, pemerintahan Trump sempat berusaha meyakinkan Baghdad untuk mencegah pengesahan draf pengusiran tentara AS. Namun ternyata lobi-lobi tersebut tidak membuahkan hasil. (af/alalam/fars)

Baca Juga:

Nasrallah: Kesyahidan Soleimani Buka Lembaran Sejarah Baru Timteng

New York Times: Trump Berhutang Penjelasan kepada Rakyat AS

DISKUSI: