New York Times: Trump Berhutang Penjelasan kepada Rakyat AS

0
119

Washington,LiputanIslam.com-Harian New York Times (NYT) dalam tajuk beritanya membahas teror terhadap Qassem Soleimani atas instruksi Donald Trump. Menurut NYT, Trump dengan tindakan ini telah menempatkan warga AS di ambang bahaya besar.

Harian ini juga menyangsikan klaim Gedung Putih yang menyebut teror ini sebagai “serangan cerdas.” NYT menyatakan, masih ada banyak bagian yang belum utuh dari puzzle ini, dan bahwa pembunuhan tersebut merupakan gerakan besar menuju arah yang amat kabur.

Sembari menyinggung peran penting Soleimani dalam menebarkan pengaruh Iran di kawasan, NYT menulis,”Kini pertanyaannya adalah: kenapa Gedung Putih tidak mengambil langkah ‘yang lebih rasional’ dan justru langsung melancarkan tindakan ofensif, yaitu membunuh Soleimani.”

NYT menilai, kian dekatnya pengadilan atas Trump dalam proses interpelasi adalah salah satu kemungkinan motif serangan tersebut. Trump juga dikritik karena tidak memberitahukan rencana serangan kepada Kongres AS.

Harian ini juga menyanggah klaim Trump dan Mike Pompeo (menlu AS), yang mengaku tidak berniat meningkatkan gesekan dengan Iran.

“Pembunuhan Soleimani justru meniscayakan pembalasan besar dari pihak Iran. Kapan dan di mana pembalasan ini akan dilakukan, adalah misteri besar bagi kita. Namun para pakar urusan Iran memperingatkan, negara ini memiliki banyak pasukan proxi, juga mempunyai berbagai perangkat acak, termasuk perangkat perang siber,”tandas NYT.

“Dengan melihat risiko besar yang ditimbulkan Trump serta menlu dan menhannya yang haus perang ini, mereka mesti segera memberi penjelasan memuaskan soal alasan instruksi penyerangan. Rekam jejak kebohongan-kebohongan Trump, dan interpelasi atas dirinya lantaran penyalahgunaan wewenang, telah melemahkan kredibilitas dirinya di dalam dan luar AS. Kongres dan masyarakat AS menuntut pembeberan fakta,”lanjutnya.

NYT lalu menyinggung pengiriman ratusan serdadu AS ke Timteng dalam beberapa hari terakhir, lalu memungkasinya dengan pertanyaan,”Tuan Presiden, jadi bagaimana dengan janjimu untuk menghentikan perang yang tiada akhir?” (af/fars)

Baca Juga:

Reporter PBB: Pembunuhan Soleimani ‘Kemungkinan Besar’ Langgar Hukum Internasional

Kepada PBB Iran Nyatakan Dampak Pembunuhan Soleimani tak  akan Terbendung

 

DISKUSI: