Partai Likud Cari Pengganti untuk Netanyahu

0
88

TelAviv,LiputanIslam.com-Media-media Israel memberitakan, para petinggi Partai Likud, termasuk yang saat ini merupakan anggota Parlemen Israel (Knesset), hari-hari ini mengadakan rapat dengan agenda menemukan pengganti untuk Benyamin Netanyahu, ketua Likud sekaligus Perdana Menteri Israel.

Menurut para petinggi Likud, Netanyahu telah mengabaikan tujuan-tujuan Partai dan agenda kerja harian sayap kanan demi mengurus masalah-masalah pribadinya. PM Israel ini dianggap sebagai penghalang untuk mengembalikan Likud ke jalur aslinya.

Mereka menyatakan, kendati Pemerintah AS telah memberikan lampu hijau, namun Netanyahu tidak memilih untuk mewujudkan rencana aneksasi Tepi Barat. Selain itu, dia juga tidak melakukan apa pun untuk mengubah pandangan tatanan hukum, serta tidak mengambil langkah yang diperlukan untuk mereformasi media.

Para petinggi Likud menilai, jika Netanyahu tetap bertahan sebagai Ketua Likud, partai ini diprediksi akan mengalami keruntuhan. Sebab itu, mereka mengajukan dua kemungkinan opsi: menyingkirkan Netanyahu, atau jika dia tidak mau mengundurkan diri dan proses pemakzulannya gagal, membentuk kelompok sayap kanan yang menggantikan Likud untuk mewujudkan program-program politik utama partai ini.

Sidang kedua kasus korupsi Netanyahu, yang rencananya diadakan hari Minggu (19/7) kemarin, telah ditunda hingga tahun depan.

Pada Sabtu malam lalu, ribuan pendemo turun ke jalanan Quds (Yerusalem) untuk mengutuk korupsi dan cara penanganan Pemerintah Israel dalam masalah Corona. Kemarahan warga Israel kian memuncak di hari-hari ini lantaran dampak ekonomi yang ditimbulkan Corona. (af/alalam)

Baca Juga:

Konflik di Israel, Netanyahu Tuding Kepala Shin Bet Berniat Gulingkan Dirinya

Menteri Israel Ini Jelaskan Mengapa Rencana Aneksasi Ditunda

DISKUSI: