Para Pangeran Saudi Dilarang Keluar Negeri Tanpa Izin Bin Salman

0
101

Riyadh,LiputanIslam.com-Putra mahkota Saudi melarang semua pangeran pergi ke luar negeri tanpa izin dan jaminan serta kontrol. Disinyalir bahwa Muhammad bin Salman khawatir para pangeran itu akan membentuk oposisi di luar negeri untuk menentangnya.

Berdasarkan aturan ini, para pangeran Saudi, baik derajat pertama atau selainnya, tidak lagi memiliki paspor diplomatik dan keleluasaan untuk mengirim uang ke luar Saudi. Mereka juga dilarang tinggal di negara-negara Barat atau Asia tanpa memberi penjelasan terlebih dahulu ke pihak kerajaan.

Baca: Bin Salman Akui Khashoggi Dibunuh di Bawah Pengawasannya

Sejak dua tahun lalu, para pangeran senior Saudi dilarang sepenuhnya untuk keluar negeri. Salah satunya adalah Pangeran Walid bin Talal, cucu Abdul Aziz Al Saud (pendiri kerajaan Arab Saudi), sekaligus keponakan para raja Saudi berikutnya. Pangeran Walid kerap terbang dengan pesawat mewah pribadi dari satu negara ke negara lain.

Belakangan, keputusan ini meliputi semua pangeran Saudi tanpa terkecuali. Setelah itu, aturan ini juga membatasi akses anggota keluarga pangeran, termasuk istri dan anak-anak mereka, untuk belajar ke luar negeri. Mereka diharuskan untuk belajar di universitas-universitas Saudi.

Tak satu pun pangeran Saudi yang boleh memindahkan uang ke luar negeri tanpa izin dewan kerajaan, terlebih jika jumlahnya besar. Bin Salman sendiri yang memeriksa alasan pemindahan uang tersebut. Hal ini terjadi terutama setelah Bin Salman melarang para pangeran untuk berinvestasi di luar Saudi.

Menurut seorang sumber al-Quds al-Arabi, seiring ketatnya larangan perjalanan dan pemindahan uang ke luar negeri, sebagian pangeran terpaksa menjual rumah-rumah mewah mereka di luar negeri. Sejak saat itu, pada musim panas 2018 dan 2019 hotel-hotel berkelas Eropa tidak lagi melihat kehadiran para pangeran Saudi. (af/fars)

Baca Juga:

Rouhani Sebut Trump Hancurkan Kepercayaan Iran pada AS

Rouhani di PBB: Keamanan Saudi Bergantung pada Penghentian Perang di Yaman

DISKUSI: