Para Jenderal Purnawirawan Israel Minta Tel Aviv Tak Lagi Bergantung kepada AS

0
358

TelAviv,LiputanIslam.com-Sejumlah jenderal senior Israel mengirim surat terbuka kepada PM Israel Naftali Bennett. Para jenderal dan perwira yang bergabung dalam kelompok Ha-Bitonistim itu menyatakan, perkembangan Afghanistan dan hengkangnya AS harus dijadikan pelajaran. Mereka meminta agar Tel Aviv mengkaji ulang ketergantungan kepada hegemoni AS.

Menurut situs Arutz Sheva, Ha-Bitonistim adalah kelompok yang dibentuk dari 2.400 komandan, perwira senior, pensiunan jenderal, dan kalangan militer Israel lainnya.

“Ketika (PM Israel) Yitzhak Rabin meneken Perjanjian Oslo, dunia saat itu adalah tempat yang berbeda (dengan sekarang). Kita tidak bisa melanjutkan pekerjaan dari tempat itu. Pada dekade 1990, Dunia Arab sedang berada dalam krisis, Irak dikalahkan, AS adalah adidaya tanpa lawan, dan Uni Soviet sudah runtuh…Dunia itu sudah tidak ada lagi sekarang. Peran AS di Timur Tengah sudak bukan lagi seperti perannya terdahulu.”

“AS tidak lagi memiliki hegemoni seperti 30 tahun lalu. Rusia dan Iran sekarang adalah kekuatan dominan di Kawasan. Kelompok-kelompok Islam ‘radikal’ juga tengah berkoordinasi. Mereka dilatih dan difasilitasi dengan baik…AS harus diberi pesan bahwa formula saat ini untuk perdamaian di Timteng sudah tidak efektif lagi. Sudah tiba saatnya untuka memikirkan solusi-solusi baru,”tulis mereka dalam surat itu. (af/fars)

Baca Juga:

Gagal Hadang Warga Palestina, Israel Perkuat Tembok Perbatasan

AS Mulai Rekrut Kaki Tangan dari Suku-suku Yaman

DISKUSI: