New York Times Beberkan Trik Bin Salman untuk Menjebak Para Penentangnya

0
54

Riyadh,LiputanIslam.com-Sebuah harian AS mengungkap upaya-upaya Muhammad bin Salman untuk menjatuhkan para penentangnya dalam perangkap.

Menurut New York Times, beberapa tahun lalu Putra Mahkota Saudi mulai mengerahkan usahanya untuk memulangkan Saad al-Jabri, mantan pejabat intelijen negaranya.

Berdasarkan dokumen yang sampai ke tangan NYT, awalnya Bin Salman meminta agar al-Jabri pulang untuk memegang sebuah jabatan baru. Setelah gagal, dia berusaha mengekstradisi al-Jabri dengan tuduhan korupsi melalui bantuan Interpol.

Pada September 2017 lalu, Bin Salman menulis surat kepada al-Jabri dan menyatakan,”Anda terlibat dalam banyak kasus korupsi yang telah terbukti. Tidak ada negara di dunia yang tak mau mengekstradisi Anda.”

Meski demikian, dokumen-dokumen Interpol menunjukkan bahwa permohonan ekstradisi al-Jabri didasari motif politis, sehingga organisasi internasional ini menolak permintaan Bin Salman.

Dokumen-dokumen ini menunjukkan seberapa besar upaya Saudi untuk menggilas para penentangnya. Di sisi lain, hal ini mengingatkan kasus Jamal Khashoggi, jurnalis yang dikelabui untuk pergi ke Konsulat Saudi di Istanbul dan akhirnya dibunuh di sana. (af/alalam)

Baca Juga:

Raja Saudi Masuk Rumah Sakit, Kunjungan PM Irak Ditunda

Apa yang Mesti Dipahami Bin Salman dari Kekuatan Yaman?

DISKUSI: