New Delhi Diklaim akan Jamu Pertemuan Menlu Iran dan Saudi

0
179

NewDelhi,LiputanIslam.com-Sejumlah sumber menyatakan, ibu kota India tengah bersiap untuk menjadi tuan rumah pertemuan Menlu Iran dan Saudi.

Harian India, The Hindu, melaporkan bahwa Menlu Iran Hossein Amir Abdollahiyan rencananya akan melawat ke New Delhi pada hari Senin (13/9) ini. Namun lawatan ini ditunda karena hal-hal yang berhubungan dengan perencanaan dan rapat mendatang Organisasi Kerjasama Shanghai. Di lain pihak, Menlu Saudi Faisal bin Farhan Al Saud rencananya akan berkunjung ke ibu kota India pada akhir pekan ini.

Menurut The Hindu, disinyalir bahwa kedua belah pihak akan memusatkan pembicaraan terkait hubungan bilateral. Namun perkembangan terbaru di Afghanistan juga disebut-sebut akan menjadi salah satu topik utama dalam pertemuan tersebut.

Harian ini menyinggung pembicaraan telepon Menlu India dengan koleganya dari Iran pada pekan lalu. Mereka membicarakan situasi Afghanistan dan sikap bersama Teheran-New Delhi terkait dibutuhkannya sebuah pemerintahan menyeluruh dan wakil di Kabul. Dalam perbincangan itu, Menlu India berterima kasih atas bantuan Iran dalam mengevakuasi warga India dari Afghanistan.

Beberapa waktu lalu, Menlu Irak juga mengabarkan upaya Baghdad untuk mendekatkan pandangan Teheran dan Riyadh. Menurut Menlu Irak, negaranya telah memberlakukan kebijakan untuk mengubah perang ke dialog, agar bisa memainkan peran dalam mendekatkan pandangan pihak-pihak regional, seperti Iran dan Saudi. (af/fars)

Baca Juga:

Ditemui Perdana Menteri Irak, Presiden Iran Ungkit Kasus Pembunuhan Jenderal Soleimani

Associated Press: AS Tarik Sistem Pertahanan Rudalnya dari Saudi

DISKUSI: