Netanyahu Tak Beritahu Menhan dan Menlu Israel Soal Normalisasi Maroko

0
213

TelAviv,LiputanIslam.com-Media-media Israel mengabarkan, Benyamin Netanyahu kembali tidak memberitahu Partai Blue and White pimpinan Menhan Benny Gantz terkait normalisasi Tel Aviv-Rabat.

Times of Israel melaporkan, Gantz, yang seharusnya akan menjadi PM Israel selanjutnya, dan Menlu Gabi Ashkenazi justru mengetahui berita normalisasi dengan Maroko dari Gedung Putih, bukan Netanyahu.

Jubir Kemenlu Israel dalam statemennya menyatakan, Pemerintah AS beberapa pekan lalu telah memberitahukan sejumlah informasi terkait perkembangan kompromi Tel Aviv-Rabat. Kemudian, pada hari Rabu (9/12) lalu Partai Gantz ini diberitahu soal kabar finalnya.

Menurut Kanal 12 Israel, beberapa jam sebelum diumumkannya kesepakatan dengan Maroko, Netanyahu bicara dengan Gantz melalui telepon. Namun ia tidak menyinggung sedikit pun soal kesepakatan itu.

Sebelum ini, Netanyahu juga tidak memberitahu Gantz dan Ashkenazi soal kesepakatan dengan UEA dan Bahrain. PM Israel juga tidak menginfokan kunjungan rahasianya ke Saudi dan pertemuan dengan Muhammad bin Salman. Partai Blue and White baru tahu usai kabar itu bocor ke media.

Perseteruan Netanyahu dengan Gantz kian meruncing, yang bisa saja berujung pada bubarnya Kabinet Israel dan diadakannya pemilu keempat di Israel dalam dua tahun terakhir. (af/alalam)

Baca Juga:

Tentara Israel Serang Aksi Demo Mingguan Palestina di Tepi Barat

Saham Klub Sepakbola Israel Dijual ke UEA, Para Pendukung dan Penentang Bentrok

DISKUSI: