Hubungan Moskow-Tel Aviv Memburuk, Netanyahu Salahkan Kabinet Lapid

0
167

TelAviv,LiputanIslam.com- Kondisi hubungan yang mengeruh antara Rusia dan Israel membuat Benyamin Netanyahu menuding para petinggi Kabinet Rezim Zionis dengan berkata, “Situasi seperti ini diakibatkan kelakuan para amatir yang sombong dan lalai.”

“Hubungan kita dengan Rusia sedang tidak baik-baik saja. Akan tetapi tetap ada peluang untuk memperbaiki dan harus sesegera mungkin dilakukan. Kepentingan Israel dan warganya akan tetap terjaga, karena hubungan yang seimbang dan bertanggung jawab dengan Rusia sudah terjalin sejak lama,” kata Netanyahu.

Dia khawatir apa yang sudah dibangun selama bertahun-tahun akan musnah dalam beberapa pekan saja. Netanyahu meminta Lapid dan Gantz agar menghentikan semua omong kosong,  sebab itu dapat membahayakan keamanan Tel-Aviv.

Kantor PM Yair Lapid tidak tinggal diam dengan pernyataan Netanyahu dan menjelaskan bahwa masalah ini akan dikaji oleh Kabinet Israel. Kantor Lapid mengklaim bahwa Jubir Presiden Rusia mengaku tidak ada krisis dalam hubungan kedua belah pihak.

”Kami mengajak dia untuk ikut membahas berbagai peristiwa baru, namun dia mengabaikan undangan ini. Dengan itu bisa dikatakan bahwa (sikap kami) kepada dia menguntungkan keamanan Israel dan orang Yahudi di Rusia. Ini adalah masalah yang harus ditindak lanjuti dengan perlahan melalui jalur Pemerintahan, bukan dalam konferensi pers atau statemen tak berdasar kepada media.” ujar Lapid.

Bukan hanya Kantor Lapid saja, Menteri Perang Benny Gantz pun turut menanggapi pertikaian domestik ini. Ia berkata ”Pemerintah Israel dikelola secara bertanggung jawab dan tegas demi melindungi kepentingan Israel dan warga Yahudi. Hanya Netanyahu satu-satunya orang yang meributkan masalah keamanan dengan berlebihan.”

Beberapa hari lalu, Kementerian Hukum Rusia meminta salah satu pengadilan negara ini untuk membekukan kegiatan Jewish Agency di Rusia. Sebab, ada bukti-bukti yang menunjukkan agensi ini melanggar UU Rusia. Rencananya, pengadilan pada Kamis ini akan mengadakan sidang pembukaan untuk mengkaji permintaan ini.(af/fars)

Baca Juga:

Ketegangan Israel-Hizbullah Meningkat Drastis, Begini Laporan Para Jurnalis Israel

Ukraina Minta Rusia Dikeluarkan dari Dewan Keamanan, Ini Reaksi Moskow

 

DISKUSI: