Ukraina Minta Rusia Dikeluarkan dari Dewan Keamanan, Ini Reaksi Moskow

0
206

Moskow,LiputanIslam.com-Wakil Pertama Utusan Rusia di PBB, Dmitry Polyanskiy menanggapi permintaan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky yang meminta agar Rusia dikeluarkan dari Dewan Keamanan PBB.

Kantor berita TASS melaporkan, Polyanskiy merespons statemen Zelensky dengan berkata,”Lumrah jika siapa pun paham bahwa skenario ini (pemecatan Rusia dari Dewan Keamanan) hanya bisa diwujudkan jika PBB dibubarkan dan dibentuk kembali dari awal.”

Misi Kiev, sindir Polyanskiy, adalah terus memprovokasi negara-negara anggota Dewan Keamanan, yang sudah semakin letih oleh masalah Ukraina.

“Baik Zelensky atau Wakil Ukraina di PBB telah mengerahkan usaha secara sia-sia. Tiap beberapa waktu, mereka mengklaim bahwa kami (Rusia) tidak memiliki hak atas kursi (di Dewan Keamanan) ini.”

“Kami dituding secara tidak sah mempertahankan kursi ini setelah runtuhnya Uni Soviet. Ini omong kosong. Kami sudah menjelaskan hal ini. Bahkan para petinggi PBB juga telah memberikan penjelasan,”tandas Polyanskiy.

Pada hari Selasa lalu, Zelensky diperkenankan menyampaikan pidato di Dewan Keamanan PBB dari jarak jauh. Polyansky menyatakan, hal ini dilakukan tanpa berkonsultasi dengan para anggota Dewan Keamanan, juga melanggar protokol yang berlaku.

Dalam pidato tersebut, Presiden Ukraina meminta PBB agar menyebut Rusia sebagai “negara teroris” dan mengeluarkan negara pemilik hak veto ini dari keanggotaan tetap Dewan Keamanan. (af/fars)

DISKUSI: