Moskow: Satelit Militer Iran Tidak Melanggar Resolusi Dewan Keamanan

0
771

Moskow,LiputanIslam.com-Konstantin Kosachev (Ketua Komite Internasional Majelis Rusia) menegaskan, tindakan Iran dalam meluncurkan satelit militer ke luar angkasa tidak termasuk pelanggaran resolusi Dewan Keamanan PBB.

“Penting untuk kita tegaskan bahwa ‘konsep satelit militer’ tidak selalu berarti ia memuat sejenis senjata,”kata Kosachev, seperti dilansir kantor berita Interfax.

Pejabat Rusia ini menyatakan, setelah ditetapkannya larangan mengirim senjata pemusnah massal ke orbit, yang diperbolehkan adalah satelit-satelit militer, navigasi, komunikasi, dan pelacakan.

Kosachev menambahkan, resolusi 2231 Dewan Keamanan hanya menghimbau Iran agar tidak merancang rudal-rudal balistik yang bisa memuat hulu ledak nuklir. Namun, katanya, resolusi ini tidak bersifat mengikat.

Ia mengutip penegasan dari para pejabat Iran, bahwa satelit-satelit negara ini tak ada kaitannya dengan resolusi 2231. Dengan demikian, Teheran berhak untuk melakukan peluncuran satelit semacam ini.

“Rusia tidak memiliki informasi apa pun bahwa Iran telah menguji rudal yang bisa membawa senjata nuklir,”tandas Kosachev.

Sebelum ini, Morgan Ortagus (jubir Kemenlu AS) mengklaim bahwa peluncuran satelit Noor-1 telah melanggar resolusi Dewan Keamanan. Sebab itu, AS akan membawa masalah ini ke Dewan Keamanan. (af/fars)

Baca Juga:

IRGC: Satelit Militer Iran adalah untuk Tingkatkan Kecerdasan Strategi Pertahanan

IRGC: Iran Tingkatkan Jangkauan Rudal Laut Tanpa Bantuan Asing

 

DISKUSI: