Moskow Kritik PBB yang Politisasi HAM di Iran

0
457

Teheran,LiputanIslam,.com-Rusia pada hari Selasa (9/3) mengecam kecenderungan politis PBB dalam menyikapi topik HAM di Iran.

Wakil Rusia di organisasi internasional di Jenewa di laman resmi Twitter-nya mencuit,”Sayang bahwa sudah sejak lama perundingan untuk memajukan dan mendukung HAM di Iran dilakukan dengan cara politis, serta digunakan secara eksklusif untuk tujuan-tujuan geopolitik.”

Reporter Khusus PBB dalam sidang Dewan HAM mengutarakan kekhawatirannya terkait klaim “sempitnya atmosfer madani” di Iran.

Dalam sidang tersebut, Jerman juga mengklaim bahwa kondisi HAM di Iran mengkhawatirkan. Jerman mengaku cemas terhadap situasi kaum minoritas agama di Negeri Mullah.

Namun klaim Jerman ini ditepis oleh salah satu pemuka masyarakat Yahudi di Iran. Dalam seminar daring Universitas Peshiva di New York, yang juga dihadiri para rabbi lain, Arash Abaei bicara soal kondisi komunitas Yahudi di Iran.

Abaei mengatakan bahwa berbeda dengan gambaran kebanyakan orang, orang-orang Yahudi yang hidup di Iran saat ini bisa menjalankan ibadah lebih leluasa dibanding saat sebelum Revolusi Islam.

“Republik Islam memiliki komitmen mendalam terhadap aturan keagamaan, sehingga memperlakukan para warga, termasuk umat Kristen dan Yahudi, secara lebih baik,”tandas Abaei. (af/alalam)

Baca Juga:

Menhan Israel Nyatakan Pasukan Zionis Siap Bertempur Melawan Iran

Iran Nyatakan Paus Fransiskus Dapat Berkunjung ke Irak Berkat Pengorbanan Jenderal Soleimani

DISKUSI: