Miliki Cadangan Strategis untuk Situasi Krisis, Finlandia Pukau Dunia

0
706

Helsinki,LiputanIslam.com-Finlandia, yang disebut-sebut sebagai negara paling bahagia di dunia, sukses memukau Eropa dan dunia dengan kesiapannya dalam menghadapi penyebaran virus Corona.

Pemerintah Finlandia yang dipimpin Sanna Marin tak hanya mengambil kebijakan isolasi daerah dan pemulangan ribuan warganya dari berbagai penjuru dunia, tapi juga mengisolasi provinsi Uusimaa (yang meliputi ibukota Helsinki, dari kawasan-kawasan lain. Kebijakan ini dilakukan mengingat penyebaran luas Corona di provinsi tersebut dan supaya penyebarannya tidak melebar ke kawasan-kawasan lain.

Yang menarik perhatian adalah, Finlandia tidak menghadapi problem kelangkaan alat medis, seperti masker, alat pernafasan buatan, dan sejenisnya. Sedangkan mayoritas negara-negara di dunia dipusingkan oleh problem tersebut.

Kunci kesuksesan Finlandia dalam menangani pandemi terletak pada keberadaan cadangan strategis rahasia di berbagai titik negara. Yang utama adalah di kawasan Lappi yang terletak dekat Kutub Utara dan dipenuhi hutan lebat.

Cadangan strategis yang disiapkan sejak Perang Dunia II itu meliputi alat-alat medis, bahan pangan, dan kebutuhan hidup lainnya. Cadangan itu bisa memenuhi kebutuhan rumah-rumah sakit, termasuk dalam kondisi perang biologi, dalam jangka panjang. Sejumlah laporan menyebutkan, cadangan strategis itu mencukupi untuk jangka lima tahun.

Media-media Finlandia mengabarkan, pemerintah negara itu telah memutuskan untuk membuka cadangan rahasianya, guna memasok kebutuhan rumah sakit dan warga dengan alat-alat medis dan perlindungan diri. Ini merupakan komitmen pemerintah terhadap rakyat Finlandia sejak Perang Dunia II bahwa negara itu akan menghadapi kelangkaan pangan dan obat dalam kondisi apa pun.

Mika Salminen (direktur Dinas Kesehatan Finlandia) mengatakan, negaranya memiliki protokol khusus untuk memenuhi pasokan pangan dan obat-obatan. Menurutnya, Finlandia telah membuat perencanaan matang untuk menghadapi wabah, terutama sejak penyebaran flu babi pada tahun 1999-2012.

Saat ditanya apakah cadangan strategis itu bisa digunakan untuk membantu negara-negara lain, Salminen menjawab,”Sayangnya, berdasarkan UU Finlandia, hal itu tak bisa dilakukan. Sebab cadangan strategis ini disiapkan dengan dana pembayar pajak Finlandia, sehingga hanya bisa digunakan untuk warganya saja.” (af/almayadeen)

Baca Juga:

Jerman Tuding AS ‘Membajak’ Pasokan Masker untuk Berlin

Tetap Dikenai Sanksi “Anti-Kemanusiaan” AS, Iran Pacu Produksi Dalam Negeri untuk Lawan COVID-19

DISKUSI: