AS Isyaratkan Opsi Militer terhadap Iran Jika Jalur Diplomasi Gagal

0
438

Washington., LiputanIslam.com –   Amerika Serikat (AS) mengisyaratkan penggunaan opsi militer terhadap Iran jika jalur diplomasi gagal mencegah Teheran dari memiliki senjata nuklir.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken dalam konferensi pers bersama sejawatnya dari Israel Yair Lapid dan Menteri Luar Negeri Uni Emirat Arab Sheikh Abdullah Bin Zayed Al Nahyan di Kementerian Luar Negeri AS di Washington, Rabu (13/10), menyatakan bahwa Washington memandang solusi diplomatik sebagai solusi terbaik untuk mencegah Iran dari senjata nuklir.

Tapi dia lantas memberikan isyarat yang lebih besar dari sebelumnya bahwa kesabaran AS sudah hampir habis setelah Iran sejak Juni lalu menangguhkan perundingan menuju pemulihan perjanjian nuklir Rencana Aksi Komprehensif Bersama (JCPOA) yang diteken Iran bersama sejumlah negara besar dunia pada tahun 2015.

“Kami terus percaya bahwa diplomasi adalah cara paling efektif untuk melakukan itu, tapi dibutuhkan dua pihak untuk terlibat dalam diplomasi, dan kami belum melihat dari Iran kesediaan untuk melakukan itu pada saat ini,” kata Blinken.

Menanggapi isyarat dari Lapid mengenai penggunaan kekuatan militer terhadap Iran, Blinken mengatakan, “Kami siap mengandalkan opsi-opsi lain jika Iran tidak mengubah jalurnya.”

Lapid kemudian balik menanggapi pernyataan Blinken dengan mengatakan, “Saya kira seluruh dunia mengerti apa itu opsi-opsi lain.”

Dia menambahkan, “Menteri Luar Negeri Antony Blinken dan saya adalah orang yang sama-sama selamat dari Holocaust. Kami menyadari bahwa ada  waktunya di mana PBB harus menggunakan kekuatan untuk melindungi dunia dari kejahatan… Israel mempertahankan haknya untuk bergerak kapanpun dan dengan cara apapun.”

Dalam kunjungan ke Washington, Lapid berusaha mendesak pemerintahan Biden untuk menyiapkan “rencana alternatif” jika jalur diplomasi dengan Iran gagal. AS lantas mulai berbicara lebih jauh mengenai keharusan menyiapkan rencana alternatif dalam isu nuklir Iran. (mm/raialyoum/cnn)

Baca juga:

Menlu Emirat: Houthi No, Israel Yes

[Video:] Gelar Latihan Perang, Iran Sukses Ujicoba Sistem-Sistem Pertahanan Udara Buatannya

DISKUSI: