Menteri Lebanon: AS Tak Bisa Ubah Pendirian Beirut

0
130

Beirut,LiputanIslam.com-Menteri Industri Lebanon, Imad Habibullah, pada hari Jumat (17/7) menegaskan, Pemerintah Lebanon tidak mengabaikan tawaran bantuan Teheran untuk Beirut.

Dalam wawancara dengan Radio al-Nur, Habibullah mengatakan bahwa Pemerintah AS menekan negara-negara Arab agar tidak bekerjasama dengan Lebanon. Tujuannya adalah memuluskan kebijakan-kebijakan Washington yang berguna bagi kepentingan Tel Aviv.

Terkait pertemuan PM Lebanon Hasan Diab dengan Dubes AS Dorothy Shea, Habibullah menyebutnya sebagai pertemuan positif. Meski begitu, hal tersebut tidak lantas mengubah keputusan dan pendirian Lebanon. Sebab itu, ia menegaskan isu bahwa AS telah mengubah sikap Pemerintah Lebanon tidak benar.

“Kami tetap melanjutkan pandangan ke arah Timur. Kami akan melakukan hal yang berguna bagi Lebanon, baik itu di Barat atau Timur. Kepentingan Lebanon adalah prioritas di atas segalanya. Gerakan menuju ekonomi yang berporos pada produksi telah dimulai. Satu-satunya jalan keluar dari masalah ekonomi adalah produksi,”tegasnya.

Habibullah menyatakan, Pemerintah Lebanon menyambut baik tawaran Teheran untuk menjual barang dan minyak kepada Beirut.

“Kami berterima kasih kepada Republik Islam Iran dan dubesnya atas tawaran ini. Sekarang tengah dilakukan dialog internal terkait langkah-langkah untuk menerima bantuan Iran, tanpa menyebabkan bertambahnya sanksi-sanksi AS,”paparnya. (af/fars)

Baca Juga:

Kawanan Bersenjata Ini Mengaku Dilatih AS untuk Cari Informasi Menarget Pasukan Iran di Suriah

Legislator Lebanon: Hizbullah adalah Sekutu Utama dalam Kekuasaan

DISKUSI: