Legislator Lebanon: Hizbullah adalah Sekutu Utama dalam Kekuasaan

0
152

Beirut,LiputanIslam.com-Seorang anggota Parlemen Lebanon menyatakan, AS secara terang-terangan dan langsung mencampuri urusan internal negaranya. Menurut Salim Aoun, AS berupaya memaksakan fakta bahwa Lebanon hanya punya dua opsi: runtuh atau menyingkirkan Hizbullah.

“Hizbullah adalah sekutu utama dalam kekuasaan dan tak bisa disingkirkan,”kata Aoun, seperti dilansir kantor berita resmi Lebanon, NNA.

Legislator Lebanon ini memprediksi, upaya AS untuk menekan dan mempersempir ruang gerak Beirut tak akan berlangsung lama.

“Yang penting bagi kami adalah kepentingan Lebanon, terjaganya stabilitas dalam negeri, dan hubungan luar negeri Lebanon,”tandas Aoun.

Bersama dengan Michel Aoun (Presiden Lebanon), Salim Aoun adalah salah satu dari anggota pendiri Partai al-Tayyar al-Watani al-Hur.

Sejumlah politisi Lebanon menilai, AS adalah salah satu faktor munculnya krisis ekonomi di negara tersebut. Namun, beberapa waktu lalu, Dubes AS Dorothy Shea justru menuding Hizbullah sebagai penghalang dalam menangani krisis ekonomi Lebanon. Shea juga menyebut Sayyid Hasan Nasrullah (Sekjen Hizbullah) sebagai ancaman bagi stabilitas Lebanon.

Statemen Shea kontan memicu reaksi keras dari berbagai pihak di Lebanon. Fraksi Hizbullah di Parlemen Lebanon pun mengirim nota protes ke Kemenlu negara tersebut. (af/alalam)

Baca Juga:

Lanjutkan Intervensi, Dubes AS Ancam PM Lebanon

Pemimpin Hamas Kirim Pesan kepada Pemimpin Hizbullah

DISKUSI: