Menlu Saudi: AS Membuat Timteng Aman dengan Membunuh Soleimani

0
159

Riyadh,LiputanIslam.com-Dalam wawancara dengan sebuah jaringan televisi AS, Senin (27/1) menlu Saudi membela tindakan Washington yang meneror Qassem Soleimani, serta menghendaki agar pasukan AS dipertahankan di Irak.

Menurut Faisal bin Farhan Al Saud, penempatan pasukan AS di kawasan berperan vital dalam mengalahkan ISIS dan mencegah kelahiran kembali mereka.

“AS telah berkali-kali membuktikan diri sebagai sekutu kerajaan Saudi yang bisa dipercaya. Demikian pula halnya dengan pemerintahan (Donald) Trump,”ujar Faisal kepada CNN.

“Kami menjalin kerjasama sangat erat dengan Presiden Trump, kemenlu AS, dan Pentagon. Kami semua berkoordinasi dalam urusan-urusan kawasan,”imbuhnya.

“Kami percaya, dikalahkannya ISIS sangat berkaitan dengan peran koalisi internasional, termasuk AS. Kami berpendapat, ISIS telah dikalahkan dari aspek geografis, namun mereka masih menjadi ancaman. Sangat penting bagi masyarakat internasional untuk menyokong pasukan Irak agar tetap waspada, juga mendukung keberadaan militer AS (di Irak),”tandasnya.

Menlu Saudi juga mengomentari dibunuhnya komandan Pasukan Quds IRGC oleh AS dan ucapan menlu AS soal kondisi kawasan pasca teror Soleimani. Faisal mengklaim bahwa tindakan AS itu adalah “pembelaan diri yang sah.”

Senada dengan Washington, menlu Saudi mengklaim bahwa pembunuhan terhadap Soleimani telah “meningkatkan keamanan kawasan.”

Terkait pendirian Iran yang dianggap belum berubah, Farhan berkata,”Ucapan-ucapan mereka (Iran) tidak positif. Namun seperti sebelumnya, kami ingin mereka menjaga perilaku demi stabilitas regional.” (af/alalam)

Baca Juga:

IRGC Balik Mengancam akan Menyerang Para Perwira Tinggi AS

Proposal ‘Konyol’ Trump Bernama ‘Deal of The Century’

DISKUSI: