Menlu Iran Minta 3 Negara Eropa Jangan Jadi Sekutu Kejahatan AS

0
69

Teheran,LiputanIslam.com-Menlu Iran melalui akun Twitter-nya menyatakan,”Dewan Gubernur IAEA seyogianya tidak mengizinkan kepentingan Iran terancam bahaya oleh musuh-musuh JCPOA. Tiga negara Eropa (Jerman, Inggris, dan Prancis) juga jangan menjadi sekutu kejahatan, setelah mereka gagal memenuhi komitmen terhadap JCPOA.”

Javad Zarif melanjutkan,”Kami tidak punya sesuatu untuk disembunyikan. Inspeksi yang dilakukan di Iran dalam 5 tahun terakhir lebih banyak dibandingkan (semua inspeksi) dalam sejarah IAEA. Solusi yang bisa disepakati masih mungkin. Namun resolusi (anti-Iran Dewan Gubernur) akan menghancurkan JCPOA.”

Jerman, Inggris, dan Prancis, yang merupakan bagian dari JCPOA, telah menyiapkan draf resolusi untuk diajukan kepada Dewan Gubernur IAEA. Tiga negara Eropa ini menuntut Iran “bekerjasama penuh” dengan Badan Energi Atom Internasional tersebut.

Teheran mengecam keras tindakan Eropa ini. Menurut Iran, tuntutan dari IAEA didasari klaim-klaim Rezim Zionis dan tekanan AS. Meski AS sudah keluar dari JCPOA, ia berusaha memperpanjang embargo persenjataan Iran, yang merupakan bagian dari kesepakatan nuklir JCPOA.

Wakil Rusia di organisasi-organisasi internasional mengutarakan kekhawatiran atas tiadanya kesepakatan antara Iran dan IAEA. Mikhail Ulyanov menegaskan, masalah ini tidak perlu dibesar-besarkan. (af/alalam)

Baca Juga:

Iran Sukses Ujicoba Rudal Jelajah Generasi Baru Buatan Dalam Negeri

Tantangan Baru Iran terhadap Trump Soal Pengiriman Minyak ke Venezuela

DISKUSI: