Media Israel Akui Kerjasama Iran-China Bukti Kegagalan Tekanan Maksimum AS

0
734

Teheran,LiputanIslam.com-Harian terbitan Israel, Haaretz menyebut kerjasama Teheran-Beijing sebagai petunjuk lain atas “kekalahan menjemukan” strategi mantan Presiden AS Donald Trump dan PM Israel, Benyamin Netanyahu.

”Kerja sama strategis komprehensif antara Iran dan China adalah bukti atas kegagalan kebijakan luar negeri AS dan Israel,”tulis Haaretz.

Harian ini menyebut Netanyahu sebagai salah satu pihak yang paling mendukung kebijakan Tekanan Maksimum yang diberlakukan Trump atas Teheran. Namun kini, tulis Haaretz, Iran telah mencadangkan uranium yang sudah dikayakan 12 kali lipat lebih banyak dari apa yang tercantum dalam kesepakatan nuklir.

“Dari satu sudut pandang, Kesepakatan 25 Tahun senilai 400 miliar dolar antara Iran dan China ini mengandung pasal-pasal terkait bidang energi dan militer. Ini tidak boleh diremehkan atau diabaikan oleh AS dan Israel, bahkan meski kesepakatan ini tidak diimplementasikan hingga 2 tahun ke depan”.

“Kesepakatan ini menunjukkan bahwa Iran sudah berjarak sangat jauh dari keruntuhan akibat sanksi-sanksi yang dijatuhkan AS, usai keluarnya Trump secara sepihak dari JCPOA”.

“Kesepakatan ini juga merupakan pesan bagi AS, Eropa, dan Israel bahwa Iran memiliki sekutu tangguh, yang akan menggagalkan segala rencana yang disusun Trump dan Netanyahu untuk mengisolasi Iran. Iran dan China sama-sama memiliki keuntungan pribadi untuk melemahkan AS,”pungkas Haaretz. (af/fars)

Baca Juga:

Menlu Iran Minta Biden “Tendang” Trump

Pasukan Ansarullah Kuasai Beberapa Kawasan Baru di Provinsi Ma’rib

DISKUSI: