Mantan Dubes Irak Sangsi AS Bakal Hengkang dari Irak

0
470

Baghdad,LiputanIslam.com-Setelah tersiarnya kabar bahwa AS akan menarik pasukannya dari Irak pada akhir tahun ini, mantan Utusan Irak di PBB Faisal Amin Astarabadi mengungkap keraguannya terhadap rencana tersebut.

Astarabadi menilai bahwa cara penarikan Tentara AS semacam ini tidak akan memengaruhi kondisi di lapangan.

“Saya yakin, bahkan jika mereka hengkang, AS akan tetap mempertahankan sejumlah serdadunya di berbagai titik secara acak,” kata Astarabadi kepada Sputnik.

“Meski (Mustafa) al-Kadhimi ingin mengakhiri misi AS di Irak, namun ia tidak bermaksud mengulangi kekeliruan (mantan PM Irak) Nouri al-Maliki.”

Menurut Sputnik, “kekeliruan” yang dimaksud mantan diplomat Irak itu adalah keputusan al-Maliki untuk mengakhiri kehadiran Tentara AS di Irak di tahun 2011, yang segera disusul dengan kemunculan para teroris.

“Al-Kadhimi berusaha melangkah di jalan sempit, antara membuat senang fraksi-fraksi yang dekat dengan Iran serta memperjuangkan kedaulatan Irak dan antara (menenangkan) para pendukung kehadiran AS,” ucapnya.

New York Times melaporkan, AS tidak berniat menarik pasukannya dari Irak, tapi akan mempertahankan mereka dengan kemasan dan label lain.

Mengutip dari seorang sumber di Kemenhan AS, New York Times menulis bahwa tampaknya Washington memang menyepakati permintaan al-Kadhimi untuk menentukan tenggat waktu keluarnya pasukan AS dari Irak. Namun tak satu pun dari 2.500 serdadu AS yang akan hengkang. Peran dan misi mereka hanya akan diredefinisi dan pasukan AS akan tetap bertahan dengan label-label lain. (af/fars)

Baca Juga:

Iran Kecam Tudingan Tanpa Bukti AS dan Inggris

Konvoi Logistik Militer AS Diserang, Brigade Hizbullah Berjanji Paksa Pasukan AS Keluar dari Irak

DISKUSI: