Iran Kecam Tudingan Tanpa Bukti AS dan Inggris

0
553

Teheran,LiputanIslam.com-Menanggapi tudingan AS dan Inggris soal keterlibatan Iran dalam serangan ke kapal Israel, Jubir Kemenlu Iran Saeed Khatibzadeh menyebut tudingan itu berisi hal kontradiktif serta tuduhan provokatif. Ia mengecam tudingan tersebut dan menilainya sangat memprihatinkan.

“Statemen-statemen terkoordinasi ini dengan sendirinya menunjukkan paragraf-paragraf kontradiktif. Awalnya mereka melayangkan tuduhan kepada Republik Islam Iran tanpa satu pun bukti. Setelah itu, mereka menyebut ‘kemungkinan (pelakunya adalah Iran),” tegasnya.

Ia menyatakan, Iran mendukung dan melindungi lalu lintas aman dan tanpa bahaya kapal-kapal di Teluk Persia dan perairan internasional. Menurut Khatibzadeh, Iran memiliki perbatasan air paling banyak di Teluk Persia, serta selalu siap bekerja sama dengan negara-negara Kawasan dalam hal menciptakan keamanan maritim di Teluk Persia.

Jubir Kemenlu Iran menegaskan, Teheran meyakini bahwa keberadaan dan campur tangan pasukan transregional di perairan Teluk Persia dan negara-negara sekitarnya adalah pengusik stabilitas serta keamanan regional.

“Amat disayangkan bahwa negara-negara ini hanya bungkam dan menyetujui penyerangan atas kapal-kapal dagang Iran di Laut Merah dan perairan internasional. Namun mereka secara terang-terangan melakukan keberpihakan politis dan melayangkan tuduhan kepada Republik Islam Iran. Padahal jika memang ada bukti, mereka harus memperlihatkannya,”kata Khatibzadeh.

Di akhirnya pernyataannya, Khatibzadeh menegaskan bahwa Iran tidak pernah ragu dan akan membalas keras jika musuh-musuhnya mencari gara-gara. (af/fars)

Baca Juga:

Ulyanov: Mustahil Capai Kesepakatan Baru dengan Iran

AS Mengaku Yakin Iran di Balik Serangan terhadap Kapal Israel, Reaksi akan Dilakukan

DISKUSI: