Mantan Direktur Mossad: Hanya Iran Sendiri yang Bisa Hentikan Program Nuklirnya

0
114

TelAviv,LiputanIslam.com-Beberapa jam setelah Benyamin Netanyahu mengumbar klaimnya dalam jumpa pers bersama Brian Hook, mantan Direktur Mossad menegaskan, bukan hanya Israel, kekuatan lain pun tak mampu menghentikan program nuklir Iran.

PM Israel dalam jumpa pers tersebut mengklaim, rezimnya akan menggunakan segala cara untuk mencegah Iran mengembangkan program nuklirnya.

Di lain pihak, Shabtai Shavit (mantan Direktur Mossad) mengatakan kepada Jerusalem Post, bahwa yang bisa menghentikan program nuklir Teheran adalah orang-orang Iran sendiri.

“Jika mereka (orang-orang Iran) memutuskan untuk melakukannya, mereka pasti akan melakukannya,”kata Shavit.

Dia juga menyarankan kepada para politisi Israel agar tetap menjaga front dengan Hizbullah “tetap dingin.” Shavit menghendaki dijalinnya semacam gencatan senjata dengan kelompok perlawanan Lebanon tersebut.

Salah satu pusat riset Israel juga menyatakan, rencana aneksasi akan mereduksi daya preventif Rezim Zionis.

Institut Kebijakan dan Strategi Herzliya dalam riset yang dipublikasikannya baru-baru ini menyarankan, sebaiknya Tel Aviv membatalkan rencana aneksasi Tepi Barat dan Lembah Yordania. Sebab, saat ini implementasi rencana tersebut bisa melemahkan kemampuan preventif, bahkan reaksi, Israel, terutama yang berkaitan dengan program nuklir Iran.

“AS berusaha memperpanjang embargo persenjataan Iran. Namun negara ini terkucilkan dalam masalah ini. Di lain pihak, jika AS menyetujui pencabutan embargo, maka Rusia akan terdorong untuk menjual senjata-senjata modernnya, termasuk sistem pertahanan udara, kepada Iran. Hal ini sendiri akan menjadi motif bagi Iran untuk mengembangkan program nuklirnya,”tulis institut tersebut. (af/tasnim)

Baca Juga:

Kesiapan Iran Membela Libanon di Depan Blokade AS

Jerusalem Post: Harapan Israel agar Iran Ditindak Dewan Keamanan Telah Pupus

DISKUSI: