Majalah AS: Iran Sudah Kebal dari Tekanan-tekanan Washington

0
104

Teheran,LiputanIslam.com-Majalah terbitan AS, Foreign Policy, dalam analisisnya menyebut kebijakan Tekanan Maksimum Washington atas Teheran telah gagal. Iran disebut sudah terlindung dari tekanan-tekanan AS.

Foreign Policy menyinggung permintaan Donald Trump dari Iran untuk berunding dan menjalin “kesepakatan besar.”

“Meski ada kemungkinan Trump menghendaki perundingan dengan Iran, guna memperkuat imejnya sebagai ‘negosiator ulung,’ namun kebijakan Tekanan Maksimumnya bisa dikatakan telah melenyapkan peluang diplomasi antara Iran dan AS dalam bulan-bulan mendatang,”tulis Foreign Policy.

“Iran telah menunjukkan dirinya bisa bertahan melawan tekanan-tekanan AS. Meski banyak warga biasa yang berada dalam tekanan, namun ekonomi Iran tidak dalam kondisi terjun bebas, seperti yang diharapkan sebagian pihak. Sebaliknya, Iran justru memperlihatkan tanda-tanda pulihnya ekonomi. Produksi dalam negeri dan angka pekerjaan di negara ini terus meningkat.”

Majalah AS ini menyatakan, sesumbar dan ancaman Trump tidak membuat Iran terdorong untuk berunding. Bahkan malah melemahkan posisi sejumlah politisi Iran yang mendukung perundingan dengan Washington.

Saat menarik AS keluar dari JCPOA, Trump berjanji akan meyakinkan Iran untuk menjalin “kesepakatan yang lebih baik,” dengan cara menerapkan kebijakan Tekanan Maksimum atas Teheran.

Meski sudah lebih dari 2 tahun sejak janjinya, Trump masih gagal mewujudkannya. Sebab itu, ia menjadi sasaran kritik dari berbagai pihak, terutama menjelang Pilpres AS pada November mendatang. (af/alalam/fars)

Baca Juga:

Jenderal Iran Tanggapi Isu Serangan Cyber terhadap Fasilitas Nuklir Iran

Mantan Direktur Mossad: Hanya Iran Sendiri yang Bisa Hentikan Program Nuklirnya

DISKUSI: