Maduro: Pompeo Kalah dalam Tur Militernya di Amerika Selatan

0
148

Caracas,LiputanIslam.com-Presiden Venezuela Nicolas Maduro pada hari Jumat (18/9) menyatakan, Menlu AS Mike Pompeo telah menderita kegagalan dalam safari militernya di Amerika Selatan. Sebab, dia tidak mampu meyakinkan negara-negara Latin untuk memerangi Venezuela.

Menurut Maduro, Pemerintahan Donald Trump berupaya menaikkan elektabilitasnya sebelum Pilpres AS melalui lawatan Pompeo ke Amerika Selatan.

Menlu AS sejak 17 September telah memulai kunjungan ke negara-negara Latin, yang mencakup Suriname, Guyana, Brazil, dan Kolombia.

Presiden Suriname mengumumkan, dalam lawatan Pompeo ke negaranya tidak ada pembicaraan sedikit pun bahwa Suriname akan digunakan untuk melancarkan operasi militer ke Venezuela.

Dalam kunjungan ke Guyana, negara kecil yang bertetangga dengan Venezuela, Pompeo dalam konferensi pers Presiden Guyana meminta agar tekanan atas Caracas ditingkatkan.

“Kami tahu bahwa Rezim Maduro telah menindas rakyat Venezuela. Dia sendiri adalah seorang penyelundup narkotika. Ini berarti bahwa Maduro harus mundur dari kekuasaannya,”ujar Pompeo.

Ia mengklaim, AS berniat memberi bantuan senilai 3 juta dolar kepada Guyana untuk memberi perlindungan kepada pengungsi Venezuela. (af/alalam)

Baca Juga:

Venezuela: Mata-mata AS Berniat Ganggu Jaringan Listrik Negara

Pompeo Kembali dari Lawatan Luar Negerinya dengan Tangan Kosong

 

DISKUSI: