UEA Akan Segera Dirikan Kedutaan di Tel Aviv

0
90

UAE Foreign Minister Anwar Gargash. (Photo: File)

Tel Aviv, LiputanIslam.com–Pemerintah Uni Emirat Arab (UEA) akan mendirikan kedutaan besar di Tel Aviv, seperti dikatakan oleh oleh Menlu UEA Anwar Gargash pada Kamis (19/8) dalam pertemuan konferensi video dengan lembaga think-tank AS, Atlantic Council.

Menurut laporan dari kantor berita Anadolu, Gargash sudah pernah mengumumkan dalam perjanjian normalisasi dengan Israel bahwa Abu Dhabi akan memiliki kedutaan besarnya di Tel Aviv berdasarkan konsensus internasional untuk solusi dua negara.

“Kedutaan akan berada di Tel Aviv. Ini sangat jelas, ”ujarnya.

Ketika ditanya tentang tujuan yang ingin dicapai dalam kesepakatan itu, dia menjawab: “Pencapaian paling konkret adalah menghentikan aneksasi tanah Palestina” dan menegaskan kembali komitmen UEA untuk solusi dua negara.

Pernyataan tersebut tidak sesuai dengan pernyataan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu bahwa rencana aneksasi Tepi Barat tetap berada “di atas meja”, meskipun ia setuju untuk menundanya sebagai bagian dari kesepakatan normalisasi.

Gargash membela bahwa kesepakatan normasliasi memiliki keuntungan jangka panjang dan “tentunya, langkah ini akan menciptakan peluang.”

“Ekonomi kami lebih besar dari Israel. Israel memiliki peluang besar di sini [di UEA],” tambahnya.

Dia melanjutkan, kesepakatan itu juga membuka jalan untuk pembelian jet tempur F-35 dari AS yang sudah dipesan oleh UEA. “Permintaan pertama kami enam tahun lalu. Ini adalah sesuatu yang terjadi di atas meja. Permintaan hukum kami sudah di atas meja,” katanya.

Pada 13 Agustus lalu, Israel dan Uni Emirat Arab mencapai kesepakatan yang diharapkan akan mengarah pada normalisasi relasi antara kedua negara itu dengan dibantu oleh Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

Langkah ini dianggap sebagai pukulan telak bagi upaya Palestina mengakhiri penjajahan militer dan sistem apartheid oleh Israel. (ra/Palestine Chronicle)

 

DISKUSI: