Lanjutkan Intervensi, Dubes AS Ancam PM Lebanon

0
82

Beirut,LiputanIslam.com-Dubes AS, Dorothy Shea, masih melanjutkan campur tangannya dalam masalah-masalah internal Lebanon, meski sebelum ini sudah dilarang untuk melakukan wawancara dengan media.

Harian Lebanon, al-Akhbar, menulis:”Shea masih tidak menghentikan kekurangajarannya di Lebanon. Dia bersikap seolah dirinya adalah penguasa sebuah negara besar. Setelah menyebut karakteristik yang (dalam pandangannya) mesti dimiliki Pemerintah Lebanon (yaitu pemerintah teknokrat minus Hizbullah), kini dia mengancam PM Hasan Diab. Shea memaksa Diab untuk menjalankan kehendak-kehendak Kedubes AS.”

Menurut al-Akhbar, Shea telah mengirim sejumlah pesan pedas kepada Diab dan menuduh PM Lebanon itu menjalankan instruksi-instruksi Hizbullah.

Harian ini mengabarkan, pesan-pesan Shea semakin pedas terutama setelah terbetik berita bahwa Beirut akan menjalin kerjasama dengan Baghdad dan menerima investasi China di Lebanon.

Shea disebut-sebut merasa bahwa Diab serius dalam membuka pintu-pintu guna mengurangi tekanan atas Lebanon akibat blokade AS. Al-Akhbar menyatakan, Diab mengabaikan pesan-pesan Shea dan tidak menanggapinya.

Kepada orang-orang yang menemuinya, Diab mengutarakan kemarahannya atas intervensi Shea dalam urusan internal Lebanon. Menurutnya, Shea dan AS tidak berniat membantu Lebanon, serta tidak ingin Beirut bergerak sesuai kepentingannya. (af/alalam)

Baca Juga:

Keberadaan Kedubes AS di Tiap Negara adalah Pangkal Masalah

Iran Ungkap Keberadaan Pangkalan Rudal Bawah Tanahnya di Sepanjang Pantai Teluk Persia

DISKUSI: