Legislator Irak Tuding Yordania Intervensi Urusan Negaranya

0
152

Baghdad,LiputanIslam.com-Seorang anggota Aliansi al-Fath di Parlemen Irak menyatakan, Yordania termasuk negara anggota di sebuah poros regional-internasional yang mengintervensi urusan Irak dan berusaha melemahkan posisi Baghdad di Kawasan.

Dalam wawancara dengan Baghad al-Youm, al-Musawi menyinggung banyaknya intervensi asing dalam urusan internal Irak. Dia berkata,”Bahkan sebagian konspirasi terhadap proses politik Irak disusun di negara-negara tetangga, termasuk Yordania.”

“Proses politik di Irak masih saja menjadi target serangan, dengan tujuan agar Irak tidak memiliki stabilitas dan posisi regional serta internasionalnya melemah,”imbuh al-Musawi.

Ia lalu meminta Pemerintah Irak mewaspadai bahaya ini, serta menggunakan jalur diplomatik untuk mencegah intervensi pihak-pihak regional dan internasional dalam urusan Irak.

PM Yordania Bisher Khasawneh pada hari Kamis (28/1) lalu berkunjung ke Baghdad dan bertemu dengan PM Irak Mustafa al-Kadhimi. Mereka membahas hubungan bilateral, isu-isu regional-internasional, dan masalah-masalah bersama Baghdad serta Amman.

Dalam periode terakhir, Mesir dan Yordania termasuk negara-negara yang berusaha memperkuat hubungan dengan Irak.

Sejumlah pakar ekonomi dan legislator Irak berpendapat, kesepakatan kerjasama Baghdad-Amman justru akan melumpuhkan ekonomi Irak, lantaran banyaknya keistimewaan yang diberikan kepada Yordania. (af/fars)

Baca Juga:

Diminta AS Kembali ke Perjanjian Nuklir, Iran Nyatakan Tak Pernah Keluar darinya

Ansharullah Sambut Baik Keputusan Italia Batalkan Penjualan Senjata ke Koalisi Saudi

DISKUSI: