Ansharullah Sambut Baik Keputusan Italia Batalkan Penjualan Senjata ke Koalisi Saudi

0
148

Sanaa,LiputanIslam.com-Jubir Ansharullah Muhammad Abdussalam memberi tanggapan atas keputusan Pemerintah Italia yang menghentikan penjualan senjata kepada Saudi dan UEA.

“Keputusan Italia untuk membatalkan penjualan senjata ke negara-negara agresor adalah sebuah langkah positif,”kata Abdussalam.

“Langkah ini akan membantu dukungan terhadap warga sipil dan proses perdamaian di Yaman,”imbuhnya.

Al-Jazeera mengabarkan, Pemerintah Italia telah menghapus izin ekspor senjata ke Saudi dan UEA berdasarkan UU 185 yang disahkan pada tahun 1999. Menurut UU ini, Italia dilarang menjual senjata ke negara-negara pelanggar HAM. Roma telah menyatakan tak akan mengeluarkan izin baru untuk menjual senjata kepada dua negara ini.

Sejumlah lembaga internasional, seperti Badan Amnesti Internasional dan Oxfam, menyambut baik keputusan-keputusan di atas.

“Ditangguhkannya penjualan senjata oleh AS adalah sebuah langkah positif. Ini akan meningkatkan tekanan atas negara-negara Eropa, terutama Inggris dan Prancis, agar mereka juga melakukan hal serupa dan berhenti memperparah krisis kemanusiaan di Yaman,”kata Philippe Nassif, seorang petinggi Badan Amnesti Internasional.

Sebelum ini, Pemerintahan Joe Biden juga mengumumkan telah menunda penjualan jet tempur F-35 kepada UEA. (af/alalam)

Baca Juga:

[Berita Gambar] Keluarga Yaman Mengajukan Petisi atas Serangan Drone AS

Legislator Inggris: Peran London di Perang Yaman adalah Skandal Nasional

DISKUSI: